Pembelajaran Bahasa Arab di MIN 13 Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

mahmudah mahmudah, Siti Masyitah, Zubaidah Zubaidah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Arab di MIN 13 Banjar dan mengetahui ruang lingkup pembelajaran Bahasa Arab di MIN 13 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu: observasi untuk mengamati proses pembelajaran pasa saat proses belajar dan mengajar Bahasa Arab yang berlangsung di kelas, dokumentasi untuk menganalisis ruang lingkup materi Bahasa Arab, dan wawancara dengan guru Mata Pelajaran Bahasa Arab untuk menggali data proses pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: proses pembelajaran menyangkut perencanaan proses: dilakukan dengan pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pembelajaran diusahakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan sehingga pembelajaran dapat berjalan sistematis. Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah meliputi beberapa tema yaitu: perkenalan, peralatan sekolah, profesi, alamat, keluarga, anggota btubuh, di rumah, di kebun, di sekolah, di perpustakaan, di kantin, jam, kegiatan sehari hari, pekerjaan, rumah, dan rekreasi.

Keywords


Pembelajaran; Bahasa Arab; Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF PDF

References


Ali, M. (2007). Guru Dalam Proses BelajarMengajar. Bandung: Sinar BaruAlgensindo.

Anshor, Ahmad Muhtadi. (2009). Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya. Yogyakarta: Teras

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Hamid, Abdul dan Baharuddin, Uril. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN-Malang Press.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Milles, M.B. & Huberman, A.M. (1992). Qualitative data analysis, a sourcebook of newmethod. Beverly Hills: Sage Publication.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

PERMEN Pendidikan Nasioanal Dan Kebudayaan republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sardiman, A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyono dan Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i1.5711



Copyright (c) 2018 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Madrasah Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang



Information

EDC, Punjabi UniversityFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jalan Gajayana No. 50 Kota Malang, Indonesia
bhouhttp://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/
madrasah@uin-malang.ac.id
See the source image@j.madrasah.ppd
See related image detail@j.madrasah.ppd
Phone 081216703170
See the source imageFaks 081216703170

Indexed

index width="100" 

  


 


Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar  Creative Commons License  This work is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright  ©2021 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Powered by Open Journal Systems.