Pembelajaran Bahasa Arab di MIN 13 Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

mahmudah mahmudah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Arab di MIN 13 Banjar dan mengetahui ruang lingkup pembelajaran Bahasa Arab di MIN 13 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu: observasi untuk mengamati proses pembelajaran pasa saat proses belajar dan mengajar Bahasa Arab yang berlangsung di kelas, dokumentasi untuk menganalisis ruang lingkup materi Bahasa Arab, dan wawancara dengan guru Mata Pelajaran Bahasa Arab untuk menggali data proses pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: proses pembelajaran menyangkut perencanaan proses: dilakukan dengan pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pembelajaran diusahakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan sehingga pembelajaran dapat berjalan sistematis. Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah meliputi beberapa tema yaitu: perkenalan, peralatan sekolah, profesi, alamat, keluarga, anggota btubuh, di rumah, di kebun, di sekolah, di perpustakaan, di kantin, jam, kegiatan sehari hari, pekerjaan, rumah, dan rekreasi.

Keywords


Pembelajaran; Bahasa Arab; Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2007). Guru Dalam Proses BelajarMengajar. Bandung: Sinar BaruAlgensindo.

Anshor, Ahmad Muhtadi. (2009). Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya. Yogyakarta: Teras

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Hamid, Abdul dan Baharuddin, Uril. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN-Malang Press.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Milles, M.B. & Huberman, A.M. (1992). Qualitative data analysis, a sourcebook of newmethod. Beverly Hills: Sage Publication.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

PERMEN Pendidikan Nasioanal Dan Kebudayaan republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sardiman, A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyono dan Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.18860/madrasah.v11i1.5711



Copyright (c) 2018 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Mailing Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    Email: madrasah@uin-malang.ac.id    web: Madrasah
 

View My Stats

Creative Commons License

Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2018 Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Powered by Open Journal Systems.