Factors related to students achievement index of accounting department at Politeknik Negeri Samarinda-Indonesia
Abstract
This research purpose is to know and analyze the direct and indirect relationship between pedagogic competence, professional competence, social competence, personality competence, and service competence with student achievement index of Accounting Department at Politeknik Negeri Samarinda-Indonesia. This research uses quantitative approach by using Part Least Quare (PLS) model, with SPSS tool version for Windows 20. This study found a direct and indirect relationship between pedagogic competence, professional competence, social competence, personality competence, and service competence with student achievement index of Accounting Department at Politeknik Negeri Samarinda-Indonesia. It can be concluded that professional competence has a positive and significant effect on campus services provided to students of Accounting Department at Politeknik Negeri Samarinda-Indonesia. Similarly, campus service to students can give a positive and significant effect on index student achievement of Accounting Department at Politeknik Negeri Samarinda-Indonesia. The higher level of campus service can increase of student achievement index directly. It includes competence, professional; personality competence have significant indirect effect on student achievement index of Accountancy students in Politeknik Negeri Samarinda-Indonesia.
Keywords: competence, service, student achievement index.
Full Text:
PDFReferences
Anonim. (2012). Undang-Undang Republik IndonesiaNomor 12 Tahun 2012
TentangPendidikan Tinggi, Jakarta-Indonesia
..........,. (2003). Undang-Undang Republik Idononesia Nomor 20,tentang SistemPendidikan Nasio¬nal. Depdikanas, Jakarta-Indonesia.
.........,. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 2005, tentang Guru dan Dosen. Penerbit: Sinar Grafika, Jakarta-Indonesia.
Anonim,.(2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendi¬dikan. Penerbit: CV. Eko Jaya, Jakarta-Indonesia.
..........,. (2012). Peraturan Presiden Republik IndonesiaNomor 8 Tahun 2012, ten¬tangKerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Jakarta-Indonesia.
..........,. (2012) Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 152/E/T/2012, tentang Publikasih Ilmiah, 27 Januari 2012, Jakarta-Indonesia.
Anwar, H. Q. (2004). Manajemen Strategik Pengembangan SDM Perguruan Tinggi, Studi Kasus Tentang Pengembangan Dosen Melalui Kepemimpinan Visioner dan Budaya Organisasi yang Kondusif di UHAMKA. UHAMKA Press, Jakarta-Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit: Rineka Cipta, Jakarta-Indonesia.
Danim S. (2002). Inovasi Pendidikan. Penerbit: CV Pustaka,Bandung-Indonesia.
Daryanto. (1995), Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Penerbit: PT Apollo, Surabaya-Indonesia.
Ghozali, Imam. (2008). Struktur Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Pende¬katan Partial Least Square. Penerbit BP. Universitas Dipenegoro, Semarang-Indonesia.
Haryono, Tulus. (2005). Analisis Faktor-Faktor yang Menentukan Presepsi Kuali¬tas Layanan dan Pengaruhnya terhadap Sikap Pelanggan. Jurnal Wanca Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Vol.8 No.3, pp: 265-481.
Hartono, Abdillah.(2009). Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Leaset Square) Untuk Riset empiris BPFE UGM, Jogyakarta-Indonesia.
Hasiara, La Ode. (2011).Sikap dan Perilaku Pemerintah dalam Melaksanakan Akun¬tansi Keuangan Pemerin¬tah Daerah di Kabupaten Buton.Program Pascasarjana,Program Doktor Ilmu Akuntansi di Universitas Bra¬wijaya, Malang-Indo¬nesia.
Indarto, Ardzy panggayuh. (2011). Pengaruh kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial guru praktikan terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Malang-Indonesia.
Kuncoro, Mudrajad. (2011). Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 2011. Penerbit: UPP STIM YKPN,Yogyakarta-Indo¬nesia.
Mantja, Willem. (2007).Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendi¬dikan dan Supervisi Pengajaran. Penerbit: Elang Mas, Malang-Indonesia.
Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. (2004). Manajemen sumber data perusahaan, Penerbit: PT Refika Aditema, Bandung-Indonesia.
Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. (2006). Anwar Prabu, Evaluasi Kinerja SDM, Penerbit: PT Refika Aditemaet,Bandung-Indonesia.
Muljadi, Arief. (2006). Pokok dan Ikhtisar Manajemen Strategik: Peren¬canaan dan Manajemen Kinerja (Bahan atau Pedoman Semua Instansi/Ins¬titusi¬/Lem¬baga Usaha Lembaga Pendi-dikan/¬Mahasiswa Pasca¬¬sarjana¬/Eko¬¬nomi/¬Pedo¬man Penyusunan Renstra,Penerbit Prestasi Pus¬taka, Jakar¬ta-Indonesia.
Mulyasa. (2005). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran Kuri¬kulum Berbasis Kom¬petensi. Penerbit: Remaja Rosda Karya, Bandung-Indonesia.
Mulyasa, E. (2007. Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru, Pener¬bit PT Remaja Rosda Karya, Bandung-Indonesia.
Pedoman Mutu. (2015). Unit Jaminan Mutu Politeknik Negeri Samarinda Tahun 2015, Samarinda-Indonesia.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birok¬rasi No. 7 Tahun 2010 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik, Jakarta-Indonesia.
Pidarta. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Penerbit: PT. Bina Rineka Cipta, Jakarta-Indonesia.
Putrayasa, I.B. (2007). Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Makalah disampaikan dalam rangka menyongsong pelaksanaan program sertifikasi guru SMP di Kabupaten Buleleng yang diselenggarakan oleh SMP Negeri 6 Singaraja-Indonesia.
Rafikasari, Elok Fitriani. (2011). Analisis Jalur (Path Analysis) untuk Mengetahui Kontribusi Kompetensi Guru Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada MAN Kota Kediri 3-Indonesia.
Robbinson, S.P. (2006). Perilaku Organisasi (Alih Bahasa, Benyamin, 2006) Pener¬bit: PT Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta-Indonesia.
Sonhadji, Ahmad. (2012). Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Per¬ada¬ban Baru. Penerbit : Universitas Negeri Malang (UM Prees), Malang- Indo¬¬nesia.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R dan D. Pener¬bit: Alfabeta. Bandung-Indonesia.
Sugirso. (2003).Rekayasa Kinerja, Bagaimana Penerapan Pelatihan dalam Mere¬ka¬yasa dan Mening¬katkan Kinerja. Penerbit: Reksa Budaya Pono¬rogo-Indonesia.
Sulthon, M. (2008). Kontribusi Prestasi Teori (IPK), Perstasi Latihan Micro¬teaching dan Motivasi Untuk Menjadi Guru Terhadap Prestasi PPL pada Mahasiswa FKIP Universitas Jember.Jurnal Pendidikan dan Pem¬bela-jaran. Vol.15, No.2, pp:107-210.
Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewa, Teori Hingga Aplikasi: Pe¬nerbit PT Bumi Aksara, Jakarta-Indonesia.
Suradi. (2011). Pengaruh kompetensi, supervisi pendidikan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri se-kalimanah kabupaten Purbalingga-Indonesia.
Surat Edaran Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No.1864/EA/2015, tentang Penilaian Angka Kredit Dosen.Jakarta-Indonesia.
Suryo, Subroto, B. (2007). Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta-Indo¬nesia.
Triyono, Eddy. (2005) Determinasi Motivasi, Iklim Organisasi dan Budaya Kerja Terhadap Pengembangan Profesional Dosen di Politeknik Negeri Sema¬rang. Seminar Nasional Terapan Riset Inovasi (Senrinov,2015),Sema¬rang-Indonesia.
Usman, M.U. (2002). Menjadi Guru Profesional.Penerbit:PT Remaja Rosdakarya. Bandung-Indonesia.
Wibowo. (2008). Manajemen Perubahan. erbit: PT Raja Grafindo Persada. Jakarta-Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.18860/mec-j.v1i2.4827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Faculty of Economics,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Gajayana Street 50, Malang-East Java, Indonesia 65144
Phone (+62) 341 558881, Facsimile (+62) 341 558881
e-mail: mecjournal@uin-malang.ac.id
P-ISSN 2599-3402
E-ISSN 2598-9537
MEC-J is licensed under CC-BY-SA
© All rights reserved 2017.
MEC-J INDEXED IN:
Member of: