Resiko Lembaga Pendidikan Yang Mengabaikan Mutu
Abstract
Banyak orang berniat baik, berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. Oleh karena pemerintah belum mampu memberikan pelayanan pendidikan yang dibutuhkan oleh semua orang, maka partisipasi itu diperlukan. Maka kemudian muncullah berfbagaii lembaga pendidikan yang berstatus swasta, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.
Semangat masyaraat mendirikan lembaga pendidikan yang sedemikian besar, maka menjadikan lembaga pendidikan swasta berdiri di mana-mana. Bahkan akhirnya, jenis lembaga pendidikan tertentu, ------yang berstatus swasta, jumlahnya jauh lebih banyak. Lembaga pendidikan swasta di kementerian agama misalnya, justru jauh lebih banyak dari yang berstatus negeri. Madrasah berstatus negeri tidak lebih 10 % dari jumlah yang ada, selebihnya berstatus swasta. Sedangkan, di lingkungan kementerian pendidikan nasional, sekalipun ada yang berstatus swasta, jumlahnya tidak sebanyak itu, bahkan kurang dari 10 %
Semangat masyaraat mendirikan lembaga pendidikan yang sedemikian besar, maka menjadikan lembaga pendidikan swasta berdiri di mana-mana. Bahkan akhirnya, jenis lembaga pendidikan tertentu, ------yang berstatus swasta, jumlahnya jauh lebih banyak. Lembaga pendidikan swasta di kementerian agama misalnya, justru jauh lebih banyak dari yang berstatus negeri. Madrasah berstatus negeri tidak lebih 10 % dari jumlah yang ada, selebihnya berstatus swasta. Sedangkan, di lingkungan kementerian pendidikan nasional, sekalipun ada yang berstatus swasta, jumlahnya tidak sebanyak itu, bahkan kurang dari 10 %
Keywords
Resiko; Lembaga; Pendidikan; Mutu