Janji Kebangsaan

Rector - -

Abstract


Untuk membamgun  kehidupan bersama,  maka biasa dibuat perjanjian yang harus ditaati oleh pihak-pihak yang terlibat dalam kebersamaan itu. Nabi Muhammad sendiri juga pernah membuat perjanjian dengan  orang-orang nasranmi dan Yahudi  tatkala membangun masyarakiat Madinah. Atas dasar perjanjian itu, maka siapapun akan bisa hidup bersama, tanpa ada gangguan. 
Janji itu harus ditepati, apapun keadaannya. Islam juga membimbing agar ummatnya  selalu menapati janji. Sehingga menepati janji sebenarnya adalah merupakan bagian dari  menjalankan  agamanya sendiri. Dalam riwayat  dikatakan bahwa janji adalah hutang. Maka sebagai utang harus ditepati dan dibayarkan apapun resikonya.   
Bangsa Indonesia, tatkala  memperjuangkan kemerdekaan  dari penjajah Belanda maupun Jepang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa dengan melibatkan  berbagai tokoh, aliran, etnis dan bahkan  agama yang berbeda-beda. Mereka menyatakan ingin membangun satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Kebersamaan dan kesatuan itu diikat oleh janji  yang  telah dirumuskan dan ikrarkan  bersama.

Keywords


Janji; Kebangsaan

Full Text:

PDF PS