Masjid instrumen pendidikan
Abstract
Sungguh tak terbayang kehebatan strategi rosulullah dalam membina masyarakat Islam, di antaranya lewat masjid. Sehari semalam, ditentukan lima waktu, kaum muslimin diajak bertemu di tempat suci, setelah berwudhu, bersujud kepada Allah berjama’ah. Adzan dikumandangkan, sebagai peringatan telah masuk waktu sholat sekaligus panggilan datang bersama-sama untuk menunaikan sholat lima waktu itu. Hanya Islam yang mengajarkan umatnya berjama’ah seintensif ini. Lainnya tidak ada.
Jika ajaran Islam itu dilaksanakan oleh umat Islam, maka sungguh menjadi kekuatan yang luar biasa dahsyadnya. Lima kali sehari semalam, umat Islam di sekitar masjid, musholla, langgar atau surau bertemu. Jama’ah dalam Islam tidak mengenal diskriminasi. Perbedaan antar individu pada pertemuan dinas dalam suatu organisasi, baik organisasi pemerintahan maupun non pemerintah, biasa terjadi.
Jika ajaran Islam itu dilaksanakan oleh umat Islam, maka sungguh menjadi kekuatan yang luar biasa dahsyadnya. Lima kali sehari semalam, umat Islam di sekitar masjid, musholla, langgar atau surau bertemu. Jama’ah dalam Islam tidak mengenal diskriminasi. Perbedaan antar individu pada pertemuan dinas dalam suatu organisasi, baik organisasi pemerintahan maupun non pemerintah, biasa terjadi.
Keywords
Masjid; instrumen; pendidikan