Membangun Kembali Paradigma Pendidikan Islam Sebagai Jawaban Terhadap Tantangan Global
Abstract
Kaum muslimin di mana saja percaya, bahwa dengan pendidikan Islam maka ummat Islam akan semakin maju, mampu bersaing dengan umat lainnya. Akan tetapi pada kenyataannya anggapan itu belum seluruhnya terbukti. Negara-negara yang melaksanakan pendidikan yang berbasis Islam ternyata masih kalah unggul dibanding dengan pendidikan yang tidak membawa nama Islam.
Selama ini temuan-temuan yang dihasilkan sebagai dasar kemajuan sebuah bangsa justru terjadi di negara-negara non muslim. Kita dapat melihat dengan jelas bahwa kemajuan teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi ditemukan oleh para ilmuwan non muslim. Belum lagi, teknologi persenjataan yang memiliki daya hancur luar biasa, adalah hasil penelitian para ahli yang berasal dari negara-negara yang bukan mayoritas beragama Islam.
Selama ini temuan-temuan yang dihasilkan sebagai dasar kemajuan sebuah bangsa justru terjadi di negara-negara non muslim. Kita dapat melihat dengan jelas bahwa kemajuan teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi ditemukan oleh para ilmuwan non muslim. Belum lagi, teknologi persenjataan yang memiliki daya hancur luar biasa, adalah hasil penelitian para ahli yang berasal dari negara-negara yang bukan mayoritas beragama Islam.
Keywords
Paradigma; Pendidikan; Islam; Jawaban; Global