Persepsi Mahasiswa Bisnis Dalam Memilih Bekerja Sebagai Wirausaha, Di Ukm Atau Perusahaan Multinasional: Investigasi Efek Moderasi Jurusan, Gender, Kepribadian Dan Program Pendidikan

Yuniarti Hidayah Suyoso Putra

Abstract


Tight work rivalry demand every student to prepare himself as well as possible. Especially business student who get enterpreneur subject. The interesting thing in this research is to compare perception of business student about work choices as businessman, work in Small and Medium Industy (UKM) or in Multinational Company (MNC) according to their major, gender, personality and education program. The result of this research show that interest to work  in company in scale of UKM and Multinational or MNC is bigger than interest to be businessman. Moderating variable that consist of major, gender, personality and education program had an effect on loading factors validity level over standard 0,5 to the perception of student in choose their work as businessman, in UKM. or MNC.

 

Persaingan kerja yang sangat ketat menuntut setiap mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Terutama mahasiswa bisnis yang telah mendapatkan materi kewirausahaan. Hal yang menarik dalam penelitian ini adalah membandingkan persepsi mahasiswa bisnis mengenai pilihan bekerja sebagai wirausaha, bekerja di Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau di perusahaan multinasional (MNC) berdasarkan jurusan, jenis kelamin (gender), kepribadian dan program pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat untuk bekerja di perusahaan baik itu skala UKM dan multinational atau MNC lebih besar bila dibandingkan dengan keinginan untuk berwirausaha. Variable moderating yang terdiri dari jurusan, gender, kepribadian,dan program pendidikan berpengaruh dengan tingkat validitas loading factors diatas standar 0,5 terhadap persepsi mahasiswa dalam memilih pekerjaan sebagai wirausaha, di UKM atau MNC.


Keywords


Persepsi, Pilihan Bekerja, Efek Moderasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/egalita.v10i1.4541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 EGALITA







Editorial Office:
Gedung Perpustakaan Lt.1
Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA)
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jl. Gajayana No. 50 Malang.
Telp. (0341) 551354, Fax. 572533
Email: egalita@uin-malang.ac.id

P-ISSN: 1907-3461

E-ISSN : 2686-066X


Egalita under a CC BY SA 4.0 International License.

Member of:


Indexed By:

       

 

 

View My Stats