PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) is the liability of an organization that not only provide goods and services that are good for society, but also maintain the quality of the social environment and physical, and also give contribute to community welfare which they are life. The disclosure of corporate social responsibility become a liability for the company in the form PT by UU Perseroan No. 40 Year 2007 about Perseroan Terbatas, Bab V, Pasal 74. The aim of this research is to test and find the effect of size company, profitability, profile company, size board of commissioners, and leverage financial toward to disclosure of corporate social responsibility on manufacturing companies. Population of this research is manufacturing comoanies year 2008-2011. This research used judgement sampling techniques and obtained sample of 30 companies. Analysis tool used multiple regression analysis and measurement for disclosure of CSR used GRI indicators. The results show that leverage financial influence on the disclosure of corporate social responsibility. In contrast, size company, profitability, profile company, and size board of commissioners has not influence toward to disclosure of corporate social responsibility.
Keywords : size company, profitability, profile company, size board of commissioners, leverage financial, Corporate Social Responsibility
ABSTRAK
Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) merupakan kewajiban organisasi yang tidak hanya menyediakan barang dan jasa yang baik bagi masyarakat, tetapi juga mempertahankan kualitas lingkungan sosial maupun fisik, dan juga memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan komunitas tempat mereka berada. Pengungkapan tanggung jawab sosial menjadi suatu kewajiban bagi perusahaan berbentuk PT berdasarkan UU Perseroan No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Bab V, Pasal 74. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji dan membuktikan pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, profil perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan leverage keuangan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur tahun 2008-2011. Penelitian ini menggunakan teknik judgement sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan pengukuran pengungkapan CSR menggunakan indikator GRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage keuangan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Sementara ukuran perusahaan, profitabilitas, profil perusahaan, dan ukuran dewan komisaris tidak terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial
Kata Kunci : ukuran perusahaan, profitabilitas, profil perusahaan, ukuran dewan komisaris, leverage keuangan, Corporate Social Responsibility
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18860/em.v4i1.2329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Megawati Soekarnoputri Building
Accounting Department, Faculty of Economics
Jln. Gajayana 50 Telp (0341) 558881
E-mail: elmuhasaba@uin-malang.ac.id
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
E-ISSN 2442-8922
Member of:
Indexed by: