Pengembangan Media Pembelajaran Science Board Game Berbasis Science-Edutainment pada Materi Tekanan Zat

Nur Fiqi Ilmia, Ike Lusi Meilina, Muhammad Luqman Hakim Abbas

Abstract


Pembelajaran monoton merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dan berdampak terhadap tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Beragam media pembelajaran yang menarik dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar sehingga dapat mempermudah dalam memahami materi pelajaran. Artikel ini membahas tentang inovasi media pembelajaran dengan menggunakan pendekatakan science-endutaiment. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, keterbacaan, efektifitas media pembelajaran science board game berbasis science-endutaiment pada materi tekanan zat untuk siswa kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli materi dan ahli media, respon siswa, dan soal post test yang diberikan terhadap kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validasi ahli media adalah 4.53 dan skor validasi untuk ahli materi sebesar 4.26 atau masuk dalam kategori baik. Hasil analisis kepraktisan memiliki kategori baik, hasil analisis keterbacaan diperoleh hasil positif dan nilai rata-rata respon siswa adalah 98% sedangkan tingkat ketuntasan siswa diperoleh sebesar 73%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran science baord game berbasis science endutaiment terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Bustanul Muta’alimmin Blitar.


Keywords


Media Pembelajaran; Science Board Game; Science Edutainment; Tekanan Zat

Full Text:

PDF

References


Besta N Dan. 2012. Perancangan Boardgame Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 1 No 1

Chasanah Lu’luul dkk. 2015. Pengembangan Sciencepoly Game Berbasis Kontekstual sebagai Media Science-Edutainment Pata Materi Kalor Dan Perpindahannya untuk Siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA UNES Vol 4 No 2.

Depdiknas. 2006 Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu.Jakarta: Depdiknas.

Elianta Peter dkk. 2018, Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran Keselamatan Berkendara untuk Remaja dengan Mekanik Dice Rolling, International Journal of Natural Sciences and Engineering. Volume 2, Number 3, pp. 80-91.P-ISSN: 2615-1383 E-ISSN: 2549-6395.

Estistika Yuni dkk, Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Malang : Universitas Negeri Malang. 2006

Fadillah M dkk, 2014 Endutaiment Pendidikan Usia Dini. (Jakarta : Prenada Media Grup).

Hamalik Oemar, 2003Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara,),

Hamruni, dkk.2011 Endutaiment dalam Pendidikan Islam & Teori-Teori Pemebelajaran Quantum.(Yogyakarta : FTIK UIN Sunan Kalijaga).,

Hobri.2010,Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Science baord game), (Jember : Pena Salsabila,)

Indri Pratiwi Yosmita dkk 2014 Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Interaktif dalam Bentuk Moodle untuk Siswa SMP Pada Tema Matahari sebagai Sumber Energi Alternatif. Jurnal Pendidikan Fisika Vol.2No.1

Ismail, Andang. 2006 Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. (Yogyakarta: Pilar Media).

Januzweki Alan dkk. 2001. Technology: A Definition with Commentary.New York: Routledge.

Kadek R.J Nih Luh dkk. Identifikasi konsepsi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blahbatuh pada Topik Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari.Singaraja. Jurnal Pendidkan dan Pembelajaran Sains donesia Vol 3 No 1

Kadek Raka Jayantini Ni Luh. 2020. Identifikasi Konsepsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Blahbatuh pada Topik Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari JPPSI: IndonesiaVolume 3, Nomor 1 ISSN: 2623-0852..

Kurniaman Otang, 2017 “Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan”. Riau. Jurnal Pendidikan Vol 2 No 6 ISSN 2303-1514.

Kustandi Cecep dan Sutjipto, 2013 Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Made R Ni,. 2018 Implementasi Board Games dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 24, Nomor 1, Juni,

Marasabessy Apridayani. 2012 Análisis Pengelolaan Pembelajaran yang dilakukan oleh Guruyang Sudahtersertifikasi Danyang Belumtersertifikasi Pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI.

Widhy H Purwanti, M.Pd. 2011. “Integrasi Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Sains Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru”. Seminar Nasional Pendidikan Sains FMIPA UNESA

Wijayanti Rina. 2014 Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Jurnal Cakrawala Dini Vol 5 No 1

Yusuf dkk. 2019, Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 12 No 1.

Zuriah Nurul.2005Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori dan Aplikasi. (Jakarta:Bumi Aksara).

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Volime II nomor 1 Mei 2018. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262

Kurnawan, O., & Noviana, E. (2017)Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Volume 6 Nomor 2 Oktober 2017. Retrived from https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/4520

Ratnasari, I.V. (2017). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestsi Belajar Matematika. Jurnal Psikoborneo, Vol 5 No. 2, 2017: 289-293. Retrived from http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4377

Amaliyah, M. dkk. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains (JPPSI) Volume 4, Nomor 1, April 2021. Retrived from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/33868

Idayanti, dkk. (2019). Pengembangan Tes Diagnostik Menggunakan Certainty of Respose Index (CRI) Termodifikasi dapa materi Tekanan Zat untuk Siswa Kelas VIII SMP. Unnes Physics Education Journal UPEJ 8 (1)(2019). Retrived from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/29503




DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v2i1.15275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Experiment: Journal of Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                       

EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment