Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Getaran Harmonis

Fisa Wisnu Wijaya, Taufiqqurrachman Taufiqqurrachman, Mochammad Arief Sutisna

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan instrumen yang valid dan andal untuk menilai kinerja berdasarkan keterampilan proses sains pada percobaan getaran harmonik. Langkah-langkah keterampilan proses sains yang digunakan meliputi (1) Mengamati, (2) Mengajukan pertanyaan, (3) Merancang eksperimen, (4) melakukan eksperimen, (5) Menerapkan konsep, (6) Menganalisis data, dan (7) Mengkomunikasikan . Tahap penyusunan desain dilakukan di STMIK Muhammadiyah Jakarta pada bulan Agustus-Desember 2021. Pada tahap uji coba dilakukan pada siswa kelas X di SMA Bintara. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, Pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data validasi instrumen penilaian kinerja menggunakan instrumen penilaian skala likert. Hasil penelitian pengembangan ini berupa instrumen penilaian berbasis keterampilan proses sains pada materi getaran harmonik. Instrumen penilaian ini telah tingkat uji validasi untuk aspek konstruksi instrumen, materi dan bahasa, hasil rata-rata ketiga aspek tersebut adalah 76,7 dan berada pada kategori baik menurut penilaian (75 – 79). Hasil uji coba lapangan oleh 32 siswa SMA Bintara menunjukkan tingkat validasi dan reliabilitas yang sangat tinggi. Uji validitas menggunakan 35 item instrumen penilaian yang diujikan pada siswa, 31 item instrumen penilaian yang valid dan 4 item instrumen penilaian yang tidak valid. Butir penilaian yang tidak valid perlakuan yang diberikan adalah drop. Uji reliabilitas menggunakan cronbach's alpha, didapatkan hasil r hitung 0,865 dengan rtabel 0,335, sehingga rhitung > rtabel dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa instrumen layak digunakan sebagai instrumen penilaian dalam kegiatan pembelajaran fisika pada materi getaran harmonik.


Keywords


Instrumen penilaian kinerja; Keterampilan proses sains; Getaran harmonis

Full Text:

PDF

References


Antomi Siregar, Yuberti. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja, 2017.

Arina Helda, Simatupang. Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Organisasi Kehidupan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII. Skripsi, 2016.

Efriyanti Liza. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. “Jurnal Sains dan Informatika”, Vol. 1, No. 1, 2015.

Herlina Cici. Efektivitas pengajaran matematika dengan menggunakan alat peraga pada Operasi Bilangan Bulat di kelas IV SD Negeri 3 Katobu. Skripsi, 2006.

Hidayati, dkk. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Kanginan Marthen. Fisika SMA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga, 2006.

Karim Syaiful. Sensor dan Aktuator. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Pujiati. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Pendidikan Dasar & Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika, 2004.

Sudjana Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Sukmawa, O., Rosidin, U., & Sesunan, F. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (Performance Assessment) Praktikum Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 116. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1397

Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Supahar, S., & Prasetyo, Z. K. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Inkuiri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Sma. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 96–108. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4560

Vina Serevina, C. D. (2016). rancangan Tes dan Evaluasi Fisika yang Informatif dan Komunikatif pada Materi Kinematika Gerak Lurus. JPPPF-Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika Volume 2 Nomor 1, 81.

Wijaya, F. W., Ashari, & Ngazizah, N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Fisa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(01), 13–20

Prasetyo, D., Wibawa, B., & Musnir, D. N. (2020). Development of Mobile Learning-Based Learning Model in Higher Education Using the Addie Method. Journal of Computational and Theoretical Nanoscience, 17(2), 911–917. https://doi.org/10.1166/jctn.2020.8740

artika, D., Anggereni, S., Dani, A. U., & Suhardiman, S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Fisika Kurikulum 2013. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 267. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.17682




DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v2i1.15861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Experiment: Journal of Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                       

EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment