Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Gelombang Bunyi Pada Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual Berbasis Web
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. Z. (2015). Pengembangan media pembelajaran laboratorium sains virtual berbasis website (labsite) di SMA (Tesis, Universitas Jember). Diambil dari https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73425.
Darti, EY., Fuaddunazmi, M., & Prasetya, DSB. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Laboratorium Virtual Fisika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 3 (2), 300-303.
Dwi, I. M., Arif, H., dan Sentot, K., (2013), Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9: 8-17.
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. (2017). Virtual laboratory to improve students’ problem-solving skills on electricity concept. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 257-264.
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.
Irianto, A. (2016). Statistik Edisi ke-4. Jakarta: Prenadamedia Group.
Makhrus, M., harjono, A., syukur, A., Bahri, Si.,& Muntari, M. (2019). Analisisi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap kesiapan guru sebagai “role model” keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).
Oidov, L., Tortogtokh, U., & Purevdagva, E. (2012). Laboratorium Virtual untuk Pengajaran Fisika. Konferensi Internasional tentang Manajemen dan Inovasi Pendidikan,37, 319–323.
Rahmawati, Sutrio dan Makhrus, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reasoning and Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal J. Pilar MIPA, Vol. 15 No. 5. Hal. 445-451.
Sajidan, dkk. (2018). Peningkatan Proses pembelajran dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Venisari, R., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping pada Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 193-199.
DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v3i1.23280
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Experiment: Journal of Science Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED & SUPPORTED BY:
EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment