The Values of Islamic Conduct in The Javanese Novel by Tulus Setiyadi
Abstract
Javanese novel is one of the literary works which is still popular today. It is closely related to the author's background, such as social conditions, education, and religion. Every Javanese novel contains the values of character education or moral values that the author wants to convey to the readers. Thus, as a literary work, it cannot be separated from religion. This study aimed to analyze and describe Islamic moral values in Javanese novels. The data sources of the current research are three Javanese novels by Tulus Setiyadi. It is a descriptive qualitative study with a sociology of literature approach which includes three stages of data analysis: data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study demonstrate that the Javanese novels by Tulus Setiyadi contain Islamic moral values based on the Qur'an and hadith which cover the relationship between human and God, human relationships with fellow humans, and human relationships with oneself. The moral values are expected to imitate and implement by the society in their daily life. It can be used to instil and promote a noble character among society.
Novel Jawa adalah salah satu karya sastra yang masih populer hingga saat ini. Novel Jawa berkaitan erat dengan latar belakang pengarang, seperti keadaan sosial masyarakat, pendidikan, maupun agama. Setiap novel Jawa tentu mengandung nilai-nilai pendidikan karakter atau nilai budi pekerti yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Dengan demikian, novel Jawa sebagai salah satu karya sastra tidak dapat dipisahkan dari agama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai budi pekerti Islam yang terkandung dalam novel-novel Jawa karya Tulus Setiyadi. Sumber data penelitian ini adalah tiga novel Jawa karya Tulus Setiyadi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra yang meliputi tiga tahap analisis data, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel-novel Jawa karya Tulus Setiyadi mengandung nilai budi pekerti Islam yang didasarkan pada Alquran dan hadis meliputi hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesama manusia, dan hubungan manusia dengan diri sendiri. Adanya nilai-nilai budi pekerti dalam novel-novel Jawa karya Tulus Setiyadi diharapkan dapat diteladani dan diimplementasikan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dijadikan sebagai upaya untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, L. (2022). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7(1), 1-9.
Andriyanto, O. D., Supratno, H., & Tjahjono, T. (2020). Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Dhadhung Kepuntir karya Tulus S. (Pendekatan Sosiologi Sastra Swingewood). Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 8(2), 109–122.
Arroisi, J. & Badi', S. (2022). Konsep Harga Diri: Studi Komparasi Perspektif Psikologi Modern dan Islam. Psikologika, 27(1), 89–106. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol27.iss1.art7
Asiah, S. (2018). The Values of Islamic Education in The Tradition of Tolabalango and Madduta. El Harakah, 20(2), 253-266. https://doi.org/10.18860/el.v20i2.4719
Atmosuwito, S. (1989). Perihal Sastra dan Religiusitas dalam Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Bahtiar, A. (2011). Religiusitas Masyarakat Jawa dalam Karya Sastra Indonesia Modern. Deiksis, 3(4), 339-353.
Cahyana, I. M., Aeres, I., & Fahmi, R. M. R. (2021). Silaturahmi Melalui Media Sosial Perspektif Hadits (Metode Syarah Hadits Bil ra’yi). 3(2), 213–224.
Chaer, M. T. (2016). Islam dan Pendidikan Cinta Damai. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 73-94.
Escarpit, R. (2005). Sosiologi Sastra. Terj. Ida Sundari Husen. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Fanhas, E. F. K. & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman : 13 – 19. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 42–51. http://103.114.35.30/index.php/Pedagogi/article/view/1032
Farmawati, C. (2020). Al-Haya’ Dalam Perspektif Psikologi Islam: Kajian Konsep Dan Empiris. Jurnal Studia Insania, 8(2), 99-118. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i2.3865
Habibah, S. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 73-87.
Hadi, S. (2018). Konsep Sabar dalam Al-Qur’an. Jurnal Madani, 1(2), 473–488. http://www.jurnalmadani.org/index.php/madani/article/view/25
Hakis. (2020). Adab Bicara dalam Prespektif Komunikasi Islam. Jurnal Mercusuar, 1(1), 43-68.
Haris, A. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 64-82.
Huda, I. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Multikultural di Majelis Taklim An Najach Magelang. Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 13(2), 253-278.
Isra, A. B. A. (2016). Nilai-Nilai Keislaman dan Praktiknya Dalam Pergaulan Antar Ikhwan dan Akhwat Pada Organisasi Forum Lingkar Pena Makassar. Jurnal Etnosia, 1(2), 40–51.
Iswanto, A. H. (2021). Nilai-Nilai Etika Hubungan Manusia dengan Diri Pribadi dalam Serat Pustaka Wasiat. Kejawen, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.21831/kejawen.v1i1.39529
Junaidi, & Ninoersy, T. (2021). Nilai-Nilai Ukhuwwah dan Islam Wasathiyah Jalan Moderasi Beragama di Indonesia. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 89–100. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.660
Juniarti, A. P., Saddhono, K., & Wibowo, P. A. W. (2020). Moral Value Analysis in Serat Kitab Kalam Qodrat for Women’s Moral Education. El Harakah, 22(1), 133–150. https://doi.org/10.18860/el.v22i1.8643
Kasnadi, & Sutejo. (2018). Islamic Religious Values Within Javanese Traditional Idioms as The Javanese Life Guidance. El Harakah, 20(1), 33-48. https://doi.org/10.18860/el.v20i1.4850
Khasan, M. (2017). Perspektif Islam Dan Psikologi Tentang Pemaafan. At-Taqaddum, 9(1), 69. https://doi.org/10.21580/at.v9i1.1788
Kusuma, S. N., Werdiningsih, Y. K., & Sunarya. (2021). Peran Perempuan dalam Novel Cinencang Lawe Karya Tulus Setiyadi Kajian Feminisme. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, serta Pengajarannya, 2(2), 63–72. https://doi.org/10.26877/jisabda.v2i2.7819
Lestari, N. S., Wibowo, W., & Waslam. (2022). Pengaruh Novel Katarsis Karya Anastasia Aemilia terhadap Psikologis Pembaca. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 42-54.
Lestari, S. H. & Alwi, M. Hs. (2020). Kontekstualisasi Hadis ‘Berkata Baik Atau Diam’ Sebagai Larangan Hate Speech Di Media SosiaL: Aplikasi Double Movement Fazlur Rahman. Al-Bayan, 3(2), 117–130.
Masfiah, U., Darweni, Zakiyah, Muzayanah, U., & Parray, T. A. (2021). Character Education Values in Javanese Literature. El Harakah, 23(1), 65-83.
Nasution, W. (2016). Kajian Sosiologi Sastra Novel Dua Ibu Karya Arswendo Atmowiloto: Suatu Tinjauan Sastra. Jurnal Metamorfosa, 4(1), 14-27.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33-41.
Nurhuda, T. A., Waluyo, H. J., & Suyitno. (2017). Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami serta Relevansinya pada Pembelajaran Sastra di SMA. Didaktika, 18(1), 103-117.
Pradopo, R. D. (2012). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puniman, A. (2018). Keutamaan Menjaga Lisan dalam Perspektif Hukum Islam. Yustitia, 19(2), 211-220.
Raharjo, Y. M., Waluyo, H. J., & Saddhono, K. (2017). Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Nun pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra serta Relevansinya dengan Materi Ajar di SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 16-26. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627
Rahman, P. (2018). Konsep Istiqamah Dalam Islam. Jurnal Studi Agama, 2(2), 87-97.
Rifa’i, A., Waluyo, B., & Sulaksono, D. (2020). Citra Perempuan dan Nilai Pendidikan dalam Novel Sindhen Padmi Karya Tulus Setiyadi serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA/SMK. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 3(4).
Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab. AL Murabbi, 3(1), 36–54.
Sahlan, F. (2021). Kepribadian Pendidik dalam Perspektif Hadis. Al Marhalah, 5(1), 57-66.
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santosa, S. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Moral dalam Tembang Macapat sebagai Penguatan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 (Telaah Budaya Lokal). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 73–87.
Sari, A. N. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Film Bajrangi Bhaijaan. Academica, 2(1), 15-29.
Setiyadi, T. (2016). Gogroke Reroncen Kembang Garing. Lamongan:
Pustaka Ilalang.
Setiyadi. (2017). Klelep ing Samudra Rasa. Lamongan: Lentera Ilmu.
Setiyadi. (2017). Langit Mendhung Sajroning Pangangen. Lamongan: Pustaka Ilalang.
Setyawan, B. W., Saddhono, K., & Sulaksono, D. (2020). Representation of Islamic Marriage Law in Javanese Novels of The Post Reformation Era. El Harakah, 22(1), 1-17.
Sidiq, U. (2014). Kepemimpinan dalam Islam: Kajian Tematik dalam Al-Quran dan Hadits. Dialogia, 12(1), 127–141.
Slamet, Y. B. M. (2018). Fungsi dan Peran Karya Sastra dari Masa ke Masa. Jurnal Praxis, 1(1), 24-40.
Slamet, Y. B. M. & Marwinda, K. (2021). Masalah Sosial Dalam Mecaki Katresnan Ing Satengahe Perang Politik Karya Tulus Setiyadi. Praxis, 3(2), 101-112. https://doi.org/10.24167/praxis.v3i2.3143
Soehadha, M. (2014). Wedi Isin (Takut Malu); Ajining Diri (Harga Diri) Orang Jawa dalam Perspektif Wong Cilik (Rakyat Jelata). Religi Jurnal Studi Agama-Agama, 10(1), 1-11. https://doi.org/10.14421/rejusta.2014.1001-01
Solihin, M. (2005). Etos Kerja dalam Perspektif Islam. Manajerial, 3(6), 9-16.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaksono, D., Waluyo, B., & Said, D. P. (2018). Prophetic Values in Post-Reform Modern Javanese Novels. El Harakah, 20(1), 81-98. https://doi.org/10.18860/el.v20i1.4590
Suwardi. (2011). Sosiologi Sastra. Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni.
Sutiono, R., Riadi, H., & Wahid, A. (2017). Akhlak dalam Perspektif Al-Quran. Akademika, 13(2), 121-128.
Syahdan. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Karya Fiksi : Analisis Aspek Religius dalam Novel Sekayu Karya Nh. Dini. Palapa, 5(2), 138–148. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.52
Wati, M. A., Sumarwati, & Saddhono, K. (2019). Islamic Religious Values in Dhukutan Traditional Ceremony as Character Education for Elementary School Students. El Harakah, 21(1), 65-81. https://doi.org/10.18860/el.v21i1.5615
Zakaria, I. (2014). Falsafah Ibadat dan Hubungan Manusia – Tuhan. Substantia, 16(2), 149-156.
Zuhdi, M. H. (2017). Istiqomah Dan Konsep Diri Seorang Muslim. Religia, 14(1), 111–127. https://doi.org/10.28918/religia.v14i1.36
Zustiyantoro, D., Widodo, Safitri, R. N., & Wahyuni, M. (2020). Pengembangan Novelet Berbahasa Jawa Bertema Sejarah Semarang untuk Pembelajaran Sastra Jawa SMA/Sederajat. Piwulang : Journal of Javanese Learning and Teaching, 8(2), 134–147. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.42672
DOI: https://doi.org/10.18860/eh.v24i1.15607
Editorial Office: | Phone : +6282333435641 |