Grounding Speech Acts: The Humanist Capital of National Hero TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid
Abstract
Effective character education needs to be contextualized in real life to have a significant impact. TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid is a national hero from Lombok, West Nusa Tenggara who becomes a prominent figure on character education. This research discusses how TGKH directly demonstrates character education through his daily speech acts to students, congregation, and the surrounding community. The research method used is a historical method which consists of four stages: heuristics, source verification, data interpretation, and historiography. It used a lot of primary sources in the form of oral interviews. The research results show that character education by TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid was built through direct examples through everyday words and actions, how to reprimand students who make mistakes, providing direct examples of doing things, and simple speech acts in everyday life. His teaching was very influential in the internalization of character education that emphasized on the importance of example in everyday words and actions. This shows that a practical and personal approach to character education has a significant impact on shaping moral and ethical values in society. These speech act strategies offer valuable insights into leadership, education, and community engagement.
Pendidikan karakter yang efektif perlu dikontekstualisasikan dalam kehidupan nyata agar memiliki dampak yang signifikan. TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid adalah pahlawan nasional dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang menjadi tokoh terkemuka dalam pendidikan karakter. Penelitian ini membahas bagaimana TGKH secara langsung menunjukkan pendidikan karakter melalui tindakan tutur sehari-hari kepada para siswa, jamaah, dan masyarakat sekitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yang terdiri dari empat tahap: heuristik, verifikasi sumber, interpretasi data, dan historiografi. Penelitian ini banyak menggunakan sumber primer berupa wawancara lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter oleh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dibangun melalui contoh langsung dari perkataan dan tindakan sehari-hari, cara menegur siswa yang melakukan kesalahan, memberikan contoh langsung dalam melakukan sesuatu, dan tindakan tutur sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Ajarannya sangat berpengaruh dalam internalisasi pendidikan karakter yang menekankan pentingnya contoh dalam perkataan dan tindakan sehari-hari. Ini menunjukkan bahwa pendekatan praktis dan personal terhadap pendidikan karakter memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk nilai moral dan etika dalam masyarakat. Strategi tindakan tutur ini memberikan wawasan yang berharga dalam kepemimpinan, pendidikan, dan keterlibatan komunitas.
in society.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, T., & Surjomahirdjo, A. (1985). Ilmu Sejarah dan Historiografi: Arah dan Perspektif. Jakarta: Gramedia.
Adawiyah, M. (2018). Ontologi Pemikiran TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid tentang Pendidikan Pesantren. Tafaqquh, 3(2), 124-149. https://doi.org/10.70032/njgxjc25
Adnan, A. (1983). Diktat Pelajaran Ke-NW-an untuk Madrasah dan Sekolah Menengah NW. Pancor: Biro Dakwah Yayasan Pendidikan Hamzanwadi.
Atsani, L. G. M. Z., & Nasri, U. (2021). Pemikiran TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid tentang Pendidikan Perempuan dan Relevansinya dengan Konsep Pendidikan Berwawasan Gender. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65-76. https://doi.org/10.32520/afkar.v9i2.318
Atsani, L. G. M. Z., Nasri, U., Walad, M., Yakin, H., & Zulkifli, M. (2023). Moral Education in Wasiat Renungan Masa by TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid: An Examination of Ibn Miskawaih's Philosophy. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1936-1944. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1600
Anugrah, A. T. (2021). Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia Perspektif TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 101-122. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1026
Azmi, S., & Wardi, F. (2020). Muhammad Zainuddin Abdul Madjid: The Pioneer of Islamic Education in Lombok Community West Nusa Tenggara, Indonesia. Khalifa: Journal of Islamic Education, 4(1), 19-31. https://doi.org/10.24036/kjie.v4i1.37
Badarudin, B., Shopian, K. A., & Habibuddin, H. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kepahlawanan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Sikur Lombok Timur. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 10(1), 44–57. https://doi.org/10.29408/jhm.v10i1.6243
Bahtiar, H., Wasil, M., & Harianto, B. (2019). Digitalisasi Karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid berbasis mobile sebagai media pembelajaran interaktif untuk pelestarian peninggalan pendiri Nahdlatul Wathan. Infotek J. Inform. dan Teknol, 88(5), 427-434. https://doi.org/10.29408/jit.v2i1.940
Bourdieu, P. (1998). Practical Reason: on the Theory of Action. Stanford University Press,
Coleman, C. (1990). The Foundation of Social Theory. Belknap Press of Harvard University Press.
Daliman, A. (2015). Metode penelitian sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Danandjaja, J. (1994). Antropologi Psikologi: Teori, Metode dan Sejarah Perkembangannya. Raja Grafindo Persada
Dudung, A. (1999). Metode penelitian sejarah. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Emasari, L. A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan dan Akhlak Dalam Wasiat Renungan Masa Karya Tuan Guru K.H. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Hukum, Agama, Budaya Dan Terapan, 1(1), 39-52. https://doi.org/10.58218/kasta.v1i1.40
Endraswara, S. (2021). Metodologi Penelitian Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Fattah, A., Kabir, A., Quddus, A., Badaruddin, B., Badrun, B., Falahudin, F., Mukhtar, F., Habibudin, H., Juaini, H., Nahdi, H., Irzani, I., Jamaluddin, J., Mugni, M., Muslihun, M., Nuriadi, N., Idrus, S., Jihad, S., & Makmun, Y. (2017). Dari Nahdlatul Wathan untuk Indonesia: perjuangan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (1908 - 1997).
Fetterman, D. M. (2020). Ethnography Step by Step. Translated by Anton Novenanto. Yogyakarta: Centrik Pustaka.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementation of Character Education in Schools Through Exemplary and Habituation. JPDI (Journal of Indonesian Basic Education), 1(2), 25-29.
Husnah, A. (2019). Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid: Peranan dalam pergulatan politik Nahdlatul Wathan di Lombok pada tahun 1953-1977 [Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Izhar, I., & Seftika, S. (2020). Tindak Tutur dalam Tinjauan Filsafat Bahasa: Speech Acts in Language Philosophy. Anterior Jurnal, 20(1), 78-82. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1528
Kartodirdjo, S. (1992). Pendekatan ilmu sosial dalam metodologi sejarah. Gramedia Pustaka Utama.
Khairi, K., Fahrurrozi, F., Thohri, M., & Hadisaputra, P. (2024). Harmonizing Knowledge Frontiers: TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid's Innovative Integration Model at Nahdlatul Wathan Educational Institute. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(1), 345-357. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4526
Kuntowijoyo. (1995). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Kuntowijoyo, D. R. (2005). Pengantar ilmu sejarah. Bentang Pustaka.
Muliadi, A., & Pahmi, M. Z. (2021). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Dalam Tasyrih Wasiat Renungan Masa Karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 43-54. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39444
Muslich. (2023). Maulana Sheikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid: Sang penakluk cadas budaya Lombok. Mataram: Sanabil.
Nahdi, K. (2013). Dinamika Pesantren Nahdlatul Wathan dalam Perspektif Pendidikan, Sosial, dan Modal. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 381-405. https://doi.org/10.15642/islamica.2013.7.2.381-405
Nasri, U. (2019). Mengenal ahl al-sunnah wa al-jama'ah dalam konteks Nahdlatul Wathan. Al-Haramain Lombok.
Nu’man, A. H., & Mugni, M. (2010). Mengenal Nahdlatul Wathan. Pengurus Besar Nahdlatul Wathan.
Purwanto, B. (2006). Gagalnya Historiografi Indonesiasentri. Yogyakarta: Ombak.
Rahmatullah, S., & Hamzah, M. S. B. (2022). Kitab Tajwid Naẓam Batu Ngompal Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Tanzil: Jurnal Studi Al-Quran, 4(2), 119–134. https://doi.org/10.20871/tjsq.v4i2.208
Roosa, J., Ratih, A., & Farid, H. (2004). Tahun yang tak pernah berakhir: Memahami pengalaman korban 65 esai-esai sejarah lisan. Jakarta: Institut Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam).
Roosa, J. (2008). Dalih pembunuhan massal. Hasta Mitra.
Saifudin, A. (2019). Teori tindak tutur dalam studi linguistik pragmatik. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 15(1), 1-16. https://doi.org/10.33633/lite.v15i1.2382
Saihu, M., Abdushomad, M. A., & Nasrudin, A. (2021). Al-Thab’u Dalam Pemikiran Pendidikan TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Dan Relevansinya Dengan UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 20(1), 147-66. https://doi.org/10.15408/kordinat.v20i1.20651
Shubhi, M. (2017). Tuan guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Spradley, J. P. (1997). Method Ethnography. Yogyakarta: Tiara Wacana
Sujai, A. (2023). Cultural Da'wah Tuan Guru Kyai Haji. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (Concept, Management and Implementation in Nahdlatul Wathan Organization in Lombok, NTB). Jurnal Syntax Transformation, 4(10). https://doi.org/10.46799/jst.v4i10.790
Suparman, S., & Nasri, U. (2024). Revitalization of Islamic Education at Madrasah NWDI Lombok: Reviving the Heritage of National Heroes during the Colonial Era. Journal of Advances in Sports and Physical Education, 7(02), 7-15. https://doi.org/10.36348/jaspe.2024.v07i01.002
Supriadi, H., Rahadi, I., Pauzi, M. H., Kurniawan, T., & Hidir, R. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Perjuangan Maulana Syeikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Melalui Wisata Makam. Journal of Tourism Destination and Attraction, 10(1), 49-58. https://doi.org/10.35814/tourism.v10i1.3379
Tabibuddin, M., Thohri, M., & Wathoni, L. M. N. (2023). Islamic Educational Philosophy in The Testament of New Experience Reflection by TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 2013-2017. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.2109
Wahid, L. A., & Janah, F. B. (2022). Pendidikan Islam Transformatif Perspektif Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid di Nusa Tenggara Barat. As-Sabiqun, 4(1), 176-198. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1663
Wijaya, F., & Fajri, M. Z. (2023). Analisis Pesan Dakwah pada Lagu" Ya Fata Sasak" Karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Qauluna: Jurnal Dakwah dan Sosial, 1(2), 118-131.
Yuliana, N., & Fahri, M. (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 15-24. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15872
Yunitasari, D., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2023). Menggali Nilai-Nilai Kepahlawanan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Sebagai Sumber Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 7(1), 109–125. https://doi.org/10.29408/fhs.v7i1.15317
Zohar, D. (2005). Spiritually intelligent leadership. Leader to leader, 2005(38), 45-51.
DOI: https://doi.org/10.18860/eh.v26i2.27611
Editorial Office: | Phone : +6282333435641 |