Islam Nusantara: Sebuah Alternatif Model Pemikiran, Pemahaman, dan Pengamalan Islam

Mujamil Qomar

Abstract


Islam Nusantara is a model of thought, comprehension, and implementation of Islamic teachings covered by culture and tradition developed in Southeast Asia (the scope of which is limited to Indonesia), that reflects Islamic identity with methodological nuance. The identity has various and controversial responses when it is socialized among Moslem because Islam is one, namely, Islam taught by prophet Muhammad. Otherwise, the majority of Islamic scholars accepted Islam Nusantara. That Islam is one is substantively true, but it expressed widely including Islam Nusantara. Islam is presented (thought, comprehended, and implemented) through cultural approach. The result leads to the thinking model, comprehending, and implementing Islamic teachings which are harmonious, moderate, inclusive, tolerant, peaceful, and multicultural based. The diverse Islamic thought is caused by local culture, especially Javanese culture, or called cultural acculturation. The Indonesian Islam can be a role model. It brings peaceful and harmonious messages, so it could be socialized internationally and replaced misleading opinion that Islam is full of violence.


Islam Nusantara merupakan model pemikiran, pemahaman dan pengamalan ajaran-ajaran Islam yang dikemas melalui pertimbangan budaya atau tradisi yang berkembang di wilayah Asia Tenggara (tetapi kajian ini dibatasi pada Indonesia), sehingga mencerminkan identitas Islam yang bernuansa metodologis. Identitas ini ketika disosialisasikan di kalangan umat Islam, khususnya para pemikirnya direspons dengan tanggapan yang kontroversial: ada yang menolak identitas Islam Nusantara itu karena Islam itu hanya satu, yaitu Islam yang diajarkan oleh Nabi. Sebaliknya, banyak pemikir Islam yang menerima identitas Islam Nusantara itu. Bagi mereka, Islam hanya satu itu benar secara substantif, tetapi ekpresinya beragam sekali, termasuk Islam Nusantara. Islam ini ditampilkan (dipikirkan, dipahami dan diamalkan) melalui pendekatan kultural. Hasilnya melahirkan model pemikiran, pemahaman dan pengamalan ajaran-ajaran Islam yang ramah, moderat, inklusif, toleran, cinta damai, harmonis, dan menghargai keberagaman. Keberagamaan Islam demikian ini terjadi lantaran perjumpaan Islam dengan budaya (tradisi) lokal, khususnya Jawa, yang biasa disebut akulturasi budaya. Islam Indonesia patut menjadi contoh cara berislam yang demikian. Model Islam yang serba menyejukkan ini perlu dipublikasikan secara internasional dan diharapkan mampu menggugurkan persepsi dunia bahwa Islam itu penuh kekerasan.

Keywords


Islam; Nusantara; Indonesia

Full Text:

Eng PDF IND PDF

References


Ali, M. (2006). Islam muda liberal, post-puritan, post-tradisional. Yogyakarta: Apeiron Philotes.

Anam, F. K. (2015). Mabadi ‘Asyrah Islam Nusantara: Memahami sepuluh prinsip tema peradaban Indonesia dan dunia. Malang: Darkah Media.

Azra, A. (2002). Islam Nusantara: Jaringan global dan lokal. Bandung: Mizan.

Azra, A. (n.d.). Jaringan Islam Nusantara. In A. Sahal & M. Aziz (Eds.), Islam Nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan. Bandung: Mizan.

Azhari, M., & Saleh, A. M. (Eds.). (1989). Islam Indonesia menatap masa depan. Jakarta: P3M.

Basya, M. H. (2007). Islam moderat di Asia Tenggara. In H. Sucipto (Ed.), Islam madzhab tengah: Persembahan 70 tahun Tarmizi Taher. Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.

Bizawie, Z. M. (2015). Islam Nusantara sebagai subjek dalam Islamic studies: Lintas diskursus dan metodologis. In A. Sahal & M. Aziz (Eds.), Islam Nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan. Bandung: Mizan.

Fanani, A. F. (2004). Islam mazhab kritis: Menggagas keberagaman liberatif. Jakarta: Kompas.

Fatoni, M. S. (2015). NU dan Islam Nusantara. In A. Sahal & M. Aziz (Eds.), Islam Nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan. Bandung: Mizan.

Ghozali, A. M. (2015). Metodologi Islam Nusantara. In A. Sahal & M. Aziz (Eds.), Islam Nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan. Bandung: Mizan.

Hariwijaya, M. (2006). Islam Kejawen. Yogyakarta: Gelombang Pasang.

Huda, N. (2013). Islam Nusantara: Sejarah sosial intelektual Islam di Indonesia. Yogyakarta: Arruzz Media.

Imarah, M. (2007). Islam moderat sebagai penyelamat peradaban dunia. In H. Sucipto (Ed.), Islam madzhab tengah: Persembahan 70 tahun Tarmizi Taher. Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.

Khalil, A. (2008). Islam Jawa: Sufisme dalam etika & tradisi Jawa. Malang: UIN Malang Press.

Langgulung, H. (1989). Pendidikan Islam Indonesia: Mencari kepastian historis. In M. Azhari & A. M. Saleh (Eds.), Islam Indonesia menatap masa depan. Jakarta: P3M.

Machasin. (2011). Islam dinamis, Islam harmonis: Lokalitas, pluralisme, terorisme (A. W. Hasan, Ed.). Yogyakarta: LKiS.

Madjid, N. (1996). In search of Islamic roots for modern pluralism: The Indonesian experiences. In M. R. Woodward (Ed.), Toward a new paradigm: Recent developments in Indonesian Islamic thought. Arizona: Arizona State University.

Maarif, A. S. (1993). Peta bumi intelektualisme Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.

Maarif, A. S. (2009). Islam dalam bingkai keindonesiaan dan kemanusiaan: Sebuah refleksi sejarah. Bandung: Mizan bekerja sama dengan Maarif Institute.

Muhajir, A. (2015). Meneguhkan Islam Nusantara untuk peradaban Indonesia dan dunia. In A. Sahal & M. Aziz (Eds.), Islam Nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan. Bandung: Mizan.

Muhammad, H. (2015). Hukum Islam yang tetap dan yang berubah. In A. Sahal & M. Aziz (Eds.), Islam Nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan. Bandung: Mizan.

Nakamura, M. (1976). The crescent arises over the banyan tree: A study of the Muhammadiyah movement in a Central Jawa town. Ithaca: Cornell University.

Nakamura, M. (2015, September). Kata mereka tentang muktamar. Aula, 30.

Qomar, M. (2012). Fajar baru Islam Indonesia? Kajian komprehensif atas arah sejarah dan dinamika intelektual Islam Nusantara. Bandung: Mizan.

Rahmat, M. I. (2003). Islam pribumi, Islam Indonesia. In M. I. Rahmat, S. Mahdi, & S. A. Nugroho (Eds.), Islam pribumi: Mendialogkan agama membaca realitas (pp. xx–xx). Jakarta: Erlangga.

Rahmat, M. I., Mahdi, S., & Nugroho, S. A. (Eds.). (2003). Islam pribumi: Mendialogkan agama membaca realitas. Jakarta: Erlangga.

Ramadan, T. (2010). The quest for meaning: Developing a philosophy of pluralism. London: The Penguin Group.

Sahal, A. (2015). Prolog: Kenapa Islam Nusantara? In A. Sahal & M. Aziz (Eds.), Islam Nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan (pp. xx–xx). Bandung: Mizan.

Sahal, A., & Aziz, M. (Eds.). (2015). Islam Nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan. Bandung: Mizan.

Saleh, F. (2005). Education and the advancement of cultural Islam: Rebuilding a greater tradition for Indonesian Islam. In A. T. Wasim (Ed.), Religious harmony: Problems, practice and education. Yogyakarta: OAIS.

Shihab, A. (1998). Islam inklusif: Menuju sikap terbuka dalam beragama. Bandung: Mizan bekerja sama dengan Anteve.

Sobarna, A. (2008). Islam positif: Spirit wacana solusi refleksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sucipto, H. (Ed.). (2007). Islam madzhab tengah: Persembahan 70 tahun Tarmizi Taher. Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.

Sucipto, H. (2007). Pengantar editor: Tarmizi Taher dan Islam madzhab tengah. In H. Sucipto (Ed.), Islam madzhab tengah: Persembahan 70 tahun Tarmizi Taher (pp. xx–xx). Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.

Sychev, V. F. (2008). Islam Indonesia di mata orientalis Rusia (W. J. Z. Wan, Trans.). Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Islam.

Umar, N. (2014). Islam fungsional: Revitalisasi & reaktualisasi nilai-nilai keislaman (I. Asari, Ed.). Jakarta: Alex Media Komputindo.

Van Bruinessen, M. (2004). Post-Soeharto Muslim engagement with civil society and democratization. In H. Samuel & H. S. Nordholt (Eds.), Indonesia in transition: Rethinking ‘civil society’, ‘region’, and ‘crisis’ . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, A. (2011). Menusantarakan Islam: Menelusuri jejak pergumulan Islam yang tak kunjung usai di Nusantara. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.

Woodward, M. R. (1996). Talking across paradigms: Indonesia, Islam, and Orientalism. In M. R. Woodward (Ed.), Toward a new paradigm: Recent developments in Indonesian Islamic thought (pp. xx–xx). Arizona: Arizona State University.

Yusuf, C. F., & Haris, T. (Eds.). (2014). Inskripsi Islam Nusantara Jawa dan Sumatera. Jakarta: Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.




DOI: https://doi.org/10.18860/el.v17i2.3345

Editorial Office: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana No.50, Malang, Indonesia 65144
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
ISSN: 1858-4357 | e-ISSN: 2356-1734
Phone: +6282333435641
Fax: (0341) 572533
Email: elharakah@uin-malang.ac.id 
elharakahjurnal@gmail.com
Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/infopub
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang