Manajemen Pengembangan SDM Kependidikan Bermutu di Perguruan Tinggi
Abstract
Budaya masyarakat kontemporer kita yang terus berkembang terus memiliki efek yang terus berlanjut dan mendalam terhadap praktik pengelolaan sumber daya manusia pendidikan di universitas, karena masyarakat yang baik dapat dilakukan melalui kinerja individu yang baik. Sumber daya manusia dengan kinerja yang baik bisa menjadi produk universitas unggulan. Kenyataannya, universitas unggulan diubah oleh sumber daya manusia yang baik termasuk tenaga kependidikan, praktisi kantor pusat dan kepala sekolah yang ingin lebih mengenal bidang pengelolaan sumber daya manusia. Artikel ini mencoba membahas pengelolaan pengembangan sumber daya manusia pendidikan yang berkualitas di universitas. Upaya pengembangan kualitas lembaga pendidikan harus dimulai dengan pemetaan sumber daya pendidikan yang disesuaikan dengan beberapa strategi sesuai dengan kondisi institusi. Selanjutnya, upaya semacam itu berorientasi untuk memenuhi kebutuhan institusi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cooper, B. S., et al. (2004). Better policies, better schools: Theories and applications. Boston: Pearson Education.
Fatah, N. (2001). Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hough. (1984). Educational policy: An international survey. Sydney: Croom Helm.
Kompas. (2002, December 18). Perbaikan mutu pendidikan harus terkait upaya pemberdayaan sekolah. Kompas, p. 9.
Nur Ali. (2004, June 2). Orientasi pengembangan fakultas kependidikan. Paper presented at Diskusi LPM UIN Malang, Malang.
Rebore, R. (2004). Human resources administration in education: A management approach. Boston: Pearson Education, Inc.
Tilaar, H. A. R. (1999). Beberapa agenda reformasi pendidikan nasional. Jakarta: Indonesia Tera
DOI: https://doi.org/10.18860/el.v8i3.4601
Editorial Office: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang | Phone: +6282333435641 |