EKSISTENSI GURU, SISWA DAN KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH

Nurjanah Nurjanah

Abstract


This paper reviews the existence and roles of teacher, student and curriculum as three main components of education in middle and high school. The key of successful education is on professional teacher. Therefore, teachers as facilitator of learning in the school must improve professional ability continually. They should encourage contextual learning which is suitable with student’s need and development phase. This is because students are in their growing period to develop their personality maturity.  Likewise, the curriculum as a reference in education realization must cover student's necessity including their complexity in social life, science and technology. Through competence based curriculum, the potentials of students can be appreciated and directed based on student’s intellectual development.

 

Makalah ini mengkaji keberadaan dan peran guru, siswa dan kurikulum sebagai tiga komponen utama pendidikan di sekolah menengah dan atas. Kunci sukses pendidikan adalah pada guru profesional. Oleh karena itu, guru sebagai fasilitator pembelajaran di sekolah harus meningkatkan kemampuan profesional secara terus menerus. Mereka harus mendorong pembelajaran kontekstual yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa. Hal ini karena siswa berada dalam masa pertumbuhan mereka untuk mengembangkan kedewasaan kepribadian mereka. Demikian juga, kurikulum sebagai referensi dalam realisasi pendidikan harus mencakup kebutuhan siswa termasuk kompleksitasnya dalam kehidupan sosial, sains dan teknologi. Melalui kurikulum berbasis kompetensi, potensi siswa dapat diapresiasi dan diarahkan berdasarkan perkembangan intelektual siswa.


Keywords


competence based curriculum; teacher role.

Full Text:

PDF

References


Bacharah, S. B. (Editor). 1990, Education Reform: Making Sense Of It All: USA. Allyen dan Bacon.

Beeby, C.E. 1979. Pendidikan di Indonesia; Perdlaian dan Perencanaan: Jakarta. LP3ES.

Boediono dan Yulaellawati, 1999. Penyusunan Kurikulm Berbisis Kemampuan Dasar, Jumal Pendidikan dan Kebudayaan. No.020 Tahun ke-5, Desember 1999

Depdiknas. 1990. Menyongsong Penyusunan Kurikulum SMLh Jakarta. Dikdasmen.

Diknas. 2002. Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan 21 (STPK-21): Jakarta

Husen, T. 1979. The School In Question: New York Oxford University Press

Jalal. F. dan Supriadi (editor). 2001. Reformasi Pendidikan Dalam Era Otonomi Daerah: Jakarta. Depdiknas-Bappenas-Adicita karya

Jamil, Ibrahim. 1999. PerspektifTranparansi Global Dalam Kurikulum: Diknas Jur. Pendidikan dan Kebudayaan. No. 019. Tahun ke-5, Oktober

Lurry,L .L dan Alberty, J.E. 1957. Develoving The Core Program: New York The Mcmillan Company

Mantja. W. 1998. Manajemen Pembinaan Profesional Guru Berivaivasan Pengembangan SDM; Suatu Kajian Konseptual Historis (Pidato Pengukuhan Guru Besar: Universitas Negeri Malang

Michael. G. Fullan, 1993. The New Meaning Of educational Change: New York. Teacher College Press

Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbsis Kompetensi (KBK): Jakarta. Rodakarya

Murgatroyd. S. dan Morgan. C. 1992. Total Quality Management and School: USA. The Open University

PE No. 29. Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah. 1992. Sinar Grafika. Jakarta

Rohlen, Thomas, D. 1983Japan High School -.Universty of California

Suyanto. 2001. Guru Yang Profesional dan Efektif Kompas/16/02/2001.

Suryadi, Ace. 2001. Menyoal Profesi Guru: Kompas/9/03/2001

Soedjiarto. Menuju Pendidikan Yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka

Tilaar, H.R. 1995.50 tahun Pembangunan Pendidikan Nasional 1945-1995; Suatu Analisis Kebijakan. Grasindo. Jakarta

Unruh, G.G. dan Alexender, W.M. 1970. Innovation in Secondary Education: New York Winstin Inc

UUSPN. No. 2. tahun 1989.1992. Sinar Grafika. Jakarta

Zias, S. Robert. 1976. Curriculum Principles and Foundation: New York. Harper and Row, Publisher




DOI: https://doi.org/10.18860/el.v8i1.4614

Editorial Office:
Humas, Dokumentasi dan Publikasi (INFOPUB)
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Gedung Rectorate 4th floor
Jalan Gajayana No.50, Malang, Indonesia 65144
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
el-Harakah, ISSN : 1858-4357 | e-ISSN : 2356-1734
Phone : +6282333435641
Fax : (0341) 572533
Email : elharakah@uin-malang.ac.id
elharakahjurnal@gmail.com
Website : http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/infopub
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang