Aktualisasi Etika Islam dalam Dunia Bisnis
Abstract
Dalam konteks kehidupan makro yang semakin transparan, nilai-nilai normatif transendental Islam ditantang untuk mampu mewujudkan diri secara riil. Tuntutan ini nampaknya sebagai konsekuensi logis ketika acuan kehidupan secara praktis lebih didominasi oleh tatanan nilai nilai, seperti faham hedonisme. Dalam aktivitas ekonomi yang menjadi tren baru saaat ini, terdapat banyak kecurangan, menjegal kawan seprofesi, monopoli, dll. Hal ini merupakan bukti adanya paham hedonisme. Islam memberikan anjuran agar dalam melakukan aktifitas ekonominya senantiasa berpegang teguh pada etika dan norma. Penelitian ini memaparkan bahwa kehidupan berekonomi manusia hendaknya tetap berlandaskan pada ajaran Tuhan. Berbisnis memiliki prinsip beretika yaitu bertanggung jawab, kejujuran, berpegang teguh dan selalu bersyukur. Dengan etika dan norma sebagai kemasan dalam aktivitas perekonomian, niscaya akan melahirkan suatu kebajikan (virtue). Kebajikan tersebut akan melahirkan kebahagiaan sejati dalam berekonomi (ultimate happiness). Pada akhirnya ini akan menggiring kepada kemapanan dan kesuksesan perekonomian mendatang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basyir, M. A. (1981). Sistem ekonomi Islam. Yogyakarta: Penerbit Universitas Gadjah Mada.
Hamzah Ya’kub. (1983). Etika Islam. Bandung: Diponegoro.
Kahf, M. (1995). Ekonomi Islam: Telaah analitik terhadap ekonomi Islam. Yogyakarta.
Keraf, S. (1991). Etika bisnis. Yogyakarta: Kanisius.
Magnis-Suseno, F. (1987). Etika dasar: Masalah-masalah pokok filsafat moral. Yogyakarta: Kanisius.
Mubyarto. (1998). Peformasi sistem ekonomi. Yogyakarta: Aditya Media.
Muslehuddin. (1995). Asuransi dalam Islam. Jakarta.
Raharjo, M. D. (1990). Etika ekonomi dan manajemen. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Siagian, S. P. (1996). Etika bisnis. Jakarta: Andi Offset & PPM.
Soejatmoko. (1994). Dimensi manusia dalam pembangunan. Jakarta: LP3ES.
DOI: https://doi.org/10.18860/el.v4i2.4636
Editorial Office: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang | Phone: +6282333435641 |