Reorientasi Paradigma Pendidikan Keguruan: Telaah terhadap Rancangan Sertifikasi Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Abstract
Masyarakat yang baik hanya dapat dibentuk dengan menampilkan individu-individu dengan karakter baik. Individu yang berkarakter baik dapat dibentuk melalui pendidikan yang berkualitas. Sedangkan, kualitas pendidikan banyak dipengaruhi oleh kualitas guru. Rendahnya kualitas guru banyak berkaitan dengan pola pengembangan guru dan banyaknya lembaga pendidikan berkualitas rendah yang menghasilkan guru. Artikel ini membahas orientasi pendidikan guru yang dicanangkan pemerintah beberapa tahun ini. Program-program tersebut tercakup dalam 10 kompetensi dasar untuk profesionalisme guru. Program sertifikasi sebagai penjamin juga menjadi salah satu bahasan di sini. Dapat disimpulkan bahwa untuk menyelesaikan masalah-masalah pendidikan, pembaharuan orientasi dalam pengembangan paradigma pendidikan sangat dibutuhkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Gholayani, S. M. (n.d.). Idhotu al-Nashi’in. Beirut: Dar al-Fikr.
Amiruddin, A. (1997). Sekolah sebagai transformator wawasan keunggulan bangsa. In D. Rahardjo (Ed.), Keluar dari kemelut pendidikan nasional. Jakarta: Intermasa.
Dahlan, M. D. (1997). Pembangunan pendidikan: Telaah filosofis-paedagogis tentang penataan berbagai dimensi pendidikan. In D. Rahardjo (Ed.), Keluar dari kemelut pendidikan nasional. Jakarta: Intermasa.
Depdiknas. (2002). Standar kompetensi guru kelas SD/MI program D2 PGSD. Jakarta: P2TK Ditjen Dikti.
Depdiknas. (2004). Draf naskah akademik sertifikasi kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Jakarta: P2TK Ditjen Dikti.
Demitra. (2002). Penerapan model PPL: Magang kerja guru untuk meningkatkan kualitas praktik mengajar mahasiswa. Makalah Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 18–19 Juli, Jakarta.
Driyarkara. (1980). Kumpulan karangan Driyarkara tentang pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
International Education Foundation. (2000). The need for character education. Makalah pada National Conference on Character Building, 25 November, Jakarta.
Muhadjir, N. (1993). Ilmu pendidikan dan perubahan sosial: Suatu teori pendidikan. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Soenardi, S. (1997). Penelitian tindakan supervisi kelompok bagi praktikan program pengalaman lapangan (PPL) pendidikan jasmani [Disertasi, Program Pascasarjana IKIP Malang].
Suprayogo, I. (2004). Strategi pengembangan lembaga pendidikan Islam masa depan. Makalah disampaikan pada seminar “Pengembangan Manajemen Pendidikan Islam”, LP Ma’arif Kab. Malang, 20 Juni, di Pesantren Ar-Rifai Gondanglegi Malang.
Tilaar, H. A. R. (1999). Beberapa agenda reformasi pendidikan nasional. Jakarta: Indonesia Tera
DOI: https://doi.org/10.18860/el.v7i2.4658
Editorial Office: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang | Phone: +6282333435641 |