Menggagas Alternatif Pemikiran Aswaja di Tengah Kehidupan Masyarakat Berbasis Pesantren
Abstract
The comprehension of Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) so far has been understood as ideology doctrine of certain community. As a result, there happened many misunderstandings and anxiety which give bad impact to sociocultural and socio-psychological in the life of people. In fact, the substantialism of Aswaja values itself can be the benchmark (mi’yar) of thinking method (manhaj al fikr) in several human life aspects both micro and macro. This can be implemented in the society life by using concept popularity approach which has been known: tawassut (moderate), tasamuh (tolerant), tawazun (balance), dan i’tidal (justice). In this article, the author will discuss about the history and definition of Aswaja and also the aim and advantages of learning it.
Pemahaman konsep Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) selama ini sering dipahami sebagai doktrin ideologi komunitas tertentu. Akibatnya, banyak terjadi bentuk kesalahpahaman dan keresahan yang berimbas sosiokultur, sosiopolitik, dan sosio-psychologic di tengah perkembangan kehidupan umat manusia. Sesungguhnya, substantialisme nilai Aswaja itu sendiri bisa dijadikan tolok ukur (mi’yar) sarana metodologi berpikir (manhaj al fikr) dalam berbagai aspek kehidupan manusia secara mikro maupun makro. Hal ini dapat kita implementasikan di tengah masyarakat dengan menggunakan pendekatan popularitas konsep yang selama ini dimiliki: tawassut (moderat), tasamuh (toleransi), tawazun (seimbang), dan i’tidal (bersikap adil). Artikel ini akan membahas sejarah dan pengertian Aswaja serta tujuan dan manfaat mempelajarinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Sirojuddin, 1994 Itiqad Ahlussunnah Wal Jama ‘ah, Jakata: Pustaka Tabiyah.
Abdul Hadi al-Musri, Mohammad, 1992 Manhaj dan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama 'ah (Menurut Pemikiran Ulama Salaf), Jakarta : Gema Insani Press.
Abu Jahid dan Kerabat Aula (Penj.), 1992.Pemikiran KH. Achmad Siddiq, Surabaya : Yayasan Aula Jawa Timur.
Al-Barsany, Noe Iskandar, 1990.Perlunya Penerapan Bermadzhab Manhaji, Aula, No.9, September.
Al-Maududy, Abui ATa, 1996.Khalifah dan Kerajaan. Bandung : Mizan.
Amin, Achmad 1975. Fajrul Islam, Cairo : Maktabah an-Nahdhiyah al-Misriyah.
Anam, Choirul 1995.Pertumbuhan dan Perkembangan Nahdlatul 'Ulama' Sala: Jatayu.
Aqiel Siadj, Said, 1997. Makalah: Ahlussunnah Wal Jama ’ah dan HAM (Suatu Tinjauan dari Visi Historis), Malang : UNISMA.
Alfa, Mohammad Asrori, 1997.Makalah : Rekonstruksi Pemikiran Ahlussunnah Wal Jama 'ah dalam Perspektif Ulama Kontemporer, Malang : PC. PMII.
Badrun Alaina & Humaidy, 1995.Biografi 5 Rais Am Nahdlatul Ulama Yogyakarta, LTn.NU bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Dhafier, Zamakhasyari 1983. Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Semula Tesis PhD, pada Austrakin National University Canberra Tahun 1980, Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi-LP3ES.
Ensiklopedi Islam, 1984. Jakarta: PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve (vol.I).
Fathurrahman, Alfa, 1993.Makalah : Ahlussunnah Wal Jama 'ah sebagai Manhaj al- Fikr, Malang : PMII Koms. IAIN SA.
Haidar, M.Ali 1994. NU: Wawasan Sosio Kultural dan Keagamaan, Aula, No.3 Maret.
Hazim, 1991.Doktrin Ahlussunnah Wal Jama'ah :T.P.
Iskandar, Noerhadi, 1997.Bingkai Aswaja Bermadzhab, Aula, No.3 Maret.
M.A. Sahal Mahfudh. 1985. P engembangan A hussunnah Wal Jama 'ah dalam Perkembangan Disiplin Keilmuan Sekarang, Aula, No. 12, Desember.
Masduki, Achmad 1994.Konsep Dasar Pengertian Ahlussunnah Wal Jama’ah, Surabaya: Pelita Dunia.
Pendidikan Ke NU-an (Aswaja) : MTs/SMP, 1986.Surabaya : LP. Ma’aif Jawa Timur.
Pengurus PWNU Jawa Timur, Khittah Nahdlaul ‘Ulama', Surabaya : Lajnah Ta’lif Wan Nasy, tt.
Qomar, Muzammil 2002. NU Liberal: Dari Tradisionalisme Ahlussunnah Wal Jama 'ah Ke Universalitas Islam, Bandung : Mizan.
Siddiq, Achmad 1992.Pedoman Berfikir Nahdlatul 'Ulama', Surabaya : Forum Silaturrahmi Saijana Nahdlatul Ulama’-FOSSINU Jawa Timur.
Sitompul, Einar Martahan, 1989.NU dan Pancasila, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
DOI: https://doi.org/10.18860/el.v6i2.4668
Editorial Office: | Phone : +6282333435641 |