Perspektif Implementasi Total Quality Management (TQM) pada Institusi Pendidikan Tinggi
Abstract
Dalam mewujudkan permintaan sosial di lingkungan yang penuh gejolak ini dan memenuhi kebutuhan sosial pendidikan tinggi, manajemen harus memperhatikan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengadopsi teori Total Quality Management (TQM), yang telah dikembangkan dan hanya dipahami oleh para pengelola lembaga bisnis, untuk diterapkan di institusi pendidikan tinggi yang bertanggung jawab atas peningkatan kualitas sumber daya manusia. Meski konsep TQM di perguruan tinggi masih dalam kontroversi, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemikiran kreatif. Realisasi kualitas total memang lebih mudah dibahas daripada diimplementasikan. Implementasi TQM juga menarik dan mengikat karena ini menegaskan perubahan mendasar dan reformasi budaya organisasi tradisional. Selain itu, ia juga menegaskan komitmen dan totalitas yang harus diwujudkan dengan serius. Sumber daya manusia sebagai komponen vital dalam pendidikan tinggi harus diperhatikan dan diperlakukan sesuai dengan persyaratan TQM, yaitu kerjasama lintas fungsi, pemberdayaan dan keterlibatan semua staf, gaya manajemen partisipatif, tersedianya media komunikasi yang efektif dan lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cortada, J. W. (1996). Total quality management: Terapan dalam manajemen sistem informasi. Yogyakarta: Andi.
Handoko, H., & Tjiptono, F. (1997). Kepemimpinan transformasional dan manajemen sumber daya manusia dalam lingkungan organisasi TQM.
Mulyadi. (1998). Total quality management. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Robbins, S. P. (1998). Organizational behavior: Concepts, controversies, applications (8th ed.). [Publisher not listed].
Sarwono, S. S., & Sudarsono, J. (1997). Konsumen dan total quality management. [Publisher not listed].
Swasono, Y., et al. (1997). Manajemen dalam era globalisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tampubolon, D. P. (2001). Perguruan tinggi bermutu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono, F. (1999, November). Aplikasi manajemen kualitas. Usahawan, 27(11).
Tjiptono, E., & Diana, A. (1996). Total quality management (Edisi 2). Yogyakarta: Andi
DOI: https://doi.org/10.18860/el.v8i2.4720
Editorial Office: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang | Phone: +6282333435641 |