Perspektif Keberhasilan Pendidikan Tinggi: Ikhtiar Mencari Strategi Untuk Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam
Abstract
Pemilihan perguruan tinggi tampaknya masih menjadi semacam persoalan yang masih sangat problematis. Karena sampai saat ini, variabel untuk mengukur apakah lembaga pendidikan tinggi, lebih-lebih PTI, itu berhasil dan bisa diandalkan sebagai wahana dan sarana untuk memupuk sekaligus mengkader generasi penerusnya masih terus dan akan tetap dipertanyakan ekstensinya. Lebih-lebih ketika isu "pengangguran terdidik" menjadi sorotan lebih banyak pihak, keraguan terhadap ekstensi perguruan tinggi menjadi semakin tajam. Suatu Iembaga pendidikan terutama pendidikan tinggi, dikatakan berhasil atau tidak perlu dilihat dari berbagai sudut pandang; input (mahasiswa), output (pencapaian), proses organisasi dan komponen ekstemal (orang tua dan masyarakat). Semua komponen ini dalam lembaga pendidikan yang berhasil harus mampu dicapai dan dilaksanakan dengan baik dan mampu menjalin kerja sama secara konstruktif, intens dan profesional. Membangun sebuah pendidikan tinggi yang berhasil, bukanlah suatu pekerjaan yang gampang dan mudah. Usaha secara kontinuitas dalam mengaktualisasikan cita-cita tersebut tidak boleh berhenti begitu saja tanpa melihat suatu keberhasilan yang memuaskan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beare, H., & Dadwell. (1989). Creating an excellent school: Some new management techniques. London: Routledge.
Buchari, M. (1990). Kebebasan akademik: Makna, manfaat dan masalah. Prisma, No. 1, Tahun XIX.
Cuttance. (1991). A review of effective practice in school. Victor Harbour.
Djumransjah. (1996). Mencari paradigma sistem perguruan tinggi Islam masa depan. Majalah Tarbiyah, No. 42, Tahun XIII.
Fadjar, A. M. (1995). Pengembangan pendidikan Islam yang menjanjikan masa depan. Majalah Tarbiyah, No. 45, Tahun XIV.
Jeans, B. A. (1992). School effectiveness and teacher education: Matters of judgment. Unicom.
Johnson, N. A. (1989). Creteria for assessing the effectiveness of school and principals education. Canada.
Rasmianto. (1996). Mencermati iklim akademik dalam masyarakat ilmiah. Majalah Tarbiyah, No. 42, Tahun XIII.
Tony, D. W. (1990). Perguruan tinggi kita: Persoalan-persoalan yang dihadapi. Prisma, No. 1, Tahun XIX
DOI: https://doi.org/10.18860/el.v2i1.4739
Editorial Office: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang | Phone: +6282333435641 |