Tipologi Pemikiran Cendekiawan Muslim

Ridwan Ridwan, Abdul Wahab Rosyidi

Abstract


In the process of the development of intellectualism, Moslem scholars were successful to make a dynamic atmosphere in Islamic thoughts to point out. Their popular and well-socialized thoughts develop and bring positive impact on the knowledge and the perception of religion in the society. The development of the scholar's Islamic thought has different characteristic and pattern which is interesting to analyse. The purpose of this paper is to explore the Islamic thought especially those which were written in daily newspaper  Jawa Pos  during the Ramadhan 1425 H. The essays written by some Moslem scholars have different characteristic as the understandings about fasting are varied. The scholars have different perception on it. The different point of view creates different way of thinking covering formalistic, transformatic, realistic, and Idealistic which all lead to sociocultural change.

 

Dalam proses pengembangan intelektualisme, ulama muslim berhasil membuat suasana dinamis dalam pemikiran Islam untuk ditunjukkan. Pikiran mereka yang populer dan disosialisasikan dengan baik berkembang dan membawa dampak positif pada pengetahuan dan persepsi agama di masyarakat. Perkembangan pemikiran Islam cendekiawan memiliki karakteristik dan pola yang berbeda yang menarik untuk dianalisis. Tujuan makalah ini adalah untuk menggali pemikiran Islam terutama yang ditulis di surat kabar Jawa Pos selama bulan Ramadhan 1425 H. Esai yang ditulis oleh beberapa ilmuwan muslim memiliki karakteristik yang berbeda karena pemahaman tentang puasa bervariasi. Para ilmuwan memiliki persepsi yang berbeda mengenai hal itu. Sudut pandang yang berbeda menciptakan cara berpikir yang berbeda yang mencakup formalistik, transformasional, realistis, dan Idealistik yang semuanya mengarah pada perubahan sosiokultural.


Keywords


intellectualism; Islamic thought

Full Text:

PDF

References


Amin Abdullah, 1996 Studi Agama: Normativitas atau Historis?, (Pustaka Pela jar: Yogyakarta)

Adi Sasono, dkk, 1998 Solusi Islam atas Problematika Ummat, (Gema Insani Press: Jakarta)

Nurcholish Madjid, 1997 Tradisi Islam Peran dan Fungsinya dalam Pembangunan di Indonesia, (Paramadiana: Jakarta)

Sulastomo, Dkk, 1995. Kontekstualisasi Ajaran Islam, 70 tahun Prof Dr. H. Munawir Sadzali, MA., (IPHI dan Yayasan Wakaf Paramadian: Jakarta)

Syafi'I Anwar, , 1995. Pemikiran dan Aksi Islam di Indonesia, (Paramadina: Jakarta)

Syafii Maarif, 1987 "Islam, Politik dan Demokrasi di Indonesia," dalam Bosco Carvallo dan Dasrizal, Taufiq Abudllah, "Islam, Sejarah dan Masyarakat" Pengantar untuk buku Taufiq Abdullah, ed., Sejarah dan Masyarakat; Lintasan Historis Islam di Indonesa, (Yayasan Obor: Jakarta)

Tatang M. Amirin, 1990 Menyusun Rencana Penelitian, (Jakarta, Raja Grafindo Persada)

Sutrisno Hadi,1994 Metodologi Research I, (Yogyakarta,Andi Offset)

Suharsimi Arikunto, 1998 Prosesdur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Rineka Cipta: Jakarta)

Winarno Surakhmat, 1989. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar Metode dan Tehnik, (Transito, Bandung)




DOI: https://doi.org/10.18860/el.v8i2.4751

Editorial Office:
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana No.50, Malang, Indonesia 65144
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
el Harakah, ISSN : 1858-4357 | e-ISSN : 2356-1734
Phone : +6282333435641
Fax : (0341) 572533
Email : elharakah@uin-malang.ac.id
elharakahjurnal@gmail.com
Website : http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/infopub
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang