Perspektif Pendidikan Menengah dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia
Abstract
Dari tujuan pendidikan nasional terlihat beberapa komponen penting yang melandasi pembangunan pendidikan nasional di Indonesia yang mengarah pada peningkatan kualitas manusia Indonesia seutuhnya dengan kreteria universal sebagai berikut:1) manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2) manusia yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, 3) aspek kewarganegaraan yang tinggi. Di masa depan bahwa pendidikan menengah di Indonesia, yang perlu menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat, termasuk dunia industri yaitu; sekolah membangun proses pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak didik, menekankan pada pendidikan pada pengembangan kecakapan hidup baik yang bersifat vokasional atau pun keperibadian sosial, dan melibatkan orang tua dan masyarakat dalam proses pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananta, A. (1993). Ciri demografis kualitas penduduk. Jakarta: FE UI.
Boediono. (1997). Pendidikan dan perubahan sosial. Jakarta: Aditya Media.
Buchari, M. (2001). Pendidikan antisipatoris. Jakarta: Kanisius.
Dewey, J. (1964). Democracy and education. New York: The Macmillan Company.
Goalad, J. (1989). American education: Social and political aspect. New York: Longman.
Gutek, G. L. (1991). Education in the United States. Toronto: Allyn & Bacon.
Hough, J. R. (1984). Educational policy: An international survey. New York: St. Martin’s Press.
Husen, T. (1979). The school in question. Oxford: Oxford University Press.
Illich, I. (1974). Deschooling society. New York: Harper & Row Publisher Inc.
Kompas. (2001, April 20).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah. (1990).
Rohlen, T. D. (1983). Japan high school. University of California Press.
Ruwiyanto, W. (1997). Manajemen sisdiknas dalam peningkatan ketahanan nasional. Jakarta: Balai Pustaka.
Suryadi, A., & Tilaar, H. R. (1994). Analisis kebijakan pendidikan. Jakarta: Rosdakarya.
Syarif, I., & Murtadho, (Eds.). (2002). Pendidikan untuk masyarakat Indonesia baru: 70 tahun H.R. Tilaar. Jakarta: Grasindo.
Tilaar, H. R. (1997). Pengembangan sumber daya manusia dalam era globalisasi. Jakarta: Grasindo.
Tilaar, H. R. (1999). Pendidikan, kebudayaan dan masyarakat madani. Jakarta: Grasindo.
Unruh, G. G., & Alexander, W. M. (1970). Innovation in secondary education. New York: Winstin Inc.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989.
DOI: https://doi.org/10.18860/el.v5i1.5148
Editorial Office: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang | Phone: +6282333435641 |