Pemanfaatan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Kinemaster Di Era Society 5.0

Asfirotul khasanah, eni pujiarti, siti nurjanah

Abstract


Dalam dunia pendidikan sangat besar dari segi manfaat dan kelebihan yang dimiliki yaitu memudahkan akses yang luas terhadap pendidikan, mampu meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran antara guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan studi literatur Pemilihan metode ini karena diyakini dapat menggambarkan secara komprehensif pemanfaatan media pembelajaran IPA berbasis kinemaster di Era Society 5.0.Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi kinemaster, sedangkan objek penelitian adalah pemanfaatan media pembelajaran IPA berbasis kinemaster di Era Society 5.0. Data yang diperoleh akan diolah dengan menggunakan analisis statistik, yakni penafsiran dan kesimpulan yang dibuat berdasarkan analisis statistik. Hasil penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan aplikasi KineMaster dalam pembelajaran IPA, Era Society 5.0 yang diluncurkan oleh Jepang terutama berkaitan dengan dunia pendidikan, maka dari itu kita perlu memahami paradigma pendidikan di Indonesia.Materi pelajaran didesain semenarik mungkin, dapat menampilkan video, serta gambar-gambar animasi yang berhubungan dengan materi pelajaran agar peserta didik lebih fokus terhadap apa yang disampaikan oleh pengajar. Selain itu, video KineMaster dapat langsung dibagikan ke platform media sosial seperti YouTube, WhatsApp, Facebook, Google+, 

Full Text:

PDF

References


Ahlah, dkk. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 Era Soiety 5.0. Jurnal: Universitas PGRI Palembang.

Mufidah, Alfi & Rifa Mufidah. (2021). Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatif dalam Media Pembelajaran IPA. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar Volume 1, 1st AVES.

Prasetyo & Zuhdan K. (2020). Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik Dalam Era Super Smart Society 5.0. Jurnal : Universitas Negeri Yogyakarta.

Prasetyo Nurhaddi Raka & Mohammad Budiyanto. (2020). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis High Order Thinking Skills (Hots) Untuk Menghadapi Era Society 5.0.Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains | Volume 8 Nomor 3.

Qurrotaini, dkk. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Shalikah Dewi & Norma. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif, Jurnal Cakrawala, No. 1, Vol XI 101-115.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umi, dkk. (2021). Pemberdayaan Guru Dan Orang Tua Peserta Didik dalam Pembelajaran Berbasis Online.Prosiding dan Web Seminar (Webinar) “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0”. Cirebon. Nasriyanti, Resti. (2021). Pentingnya Model Core Terhadap Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA.Seminar Nasional Pendidikan, Fkip Unma 2021 “System Thinking Skills Dalam Upaya Transformasi Pembelajaran Di Era Society 5.0”.

Zainal Arifin. (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT, Media Creative, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.