Increasing Learning Outcomes Through The Socio Drama Method In The Ability Lessons Of Elementary School Class III Students

siti fatimah

Abstract


Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran sosio drama pada peserta didik kelas III B di MI Yaa Bunayya Kota Jayapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur atau langkah-langkah penelitian yang dilakukan terbagi dalam beberapa bentuk siklus kegiatan yang mengacu pada desain model Lewin yang ditafsirkan oleh Kemmis, menggunakan statistik sederhana dengan mencari prosentase. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tepatnya pada bulan april yaitu tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III B yaitu berjumlah 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Kemudian data yang dapat dihimpun dari setiap item pertanyaan akan dimasukkan kedalam satu tabel yang didalamnya langsung dibuat frekuensi dan prosentase, setelah itu penulis menganalisa dan menginterpretasikan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pertanyaan nomer 1 pada siklus I 7 (41%) sedangkan siklus II 16 (94,2%), pertanyaan nomer 2 pada siklus I 10 (52,82%) sedangkan siklus II 16 (94,2%), pertanyaan nomer 3 pada siklus I 4 (23,5%) sedangkan siklus II 17 (100%), pertanyaan nomer 4 pada siklus 1 4(23,5%) sedangkan siklus II 16(94,2%) dan pertanyaan nomer 5 pada siklus 1 (5,8%) sedangkan siklus II 17 (100%), maka dengan ini dikatakan bahwa penerapan metode sosio drama untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak bagi siswa kelas III B dinyatakan berhasil.


Full Text:

PDF

References


E.Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

E.Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung : Rosda

Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya,

Ramayulis. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan , (Jakarta : kencana Prenada Media Group

Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjiono, Anas. 1997. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.