Pengembangan Website Proprofs Qiuz Maker dalam Pembelajaran PKn Kelas IV di SDN 03 Tanjung Batu
Abstract
Pengembangan website dengan menggunakan aplikasi ProProfs Quiz Maker sebagai alat evaluasi pembelajaran PKn kelas IV. Tujuan ini antara lain merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis website yang dapat digunakan untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi PKn. Dalam metode pengembangan ini, peneliti menerapkan model pengembangan 4-D (Four-D) yang merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahapan, yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Situs Propofs Quiz Maker dapat membantu merancang kuis awal menggunakan fitur seperti variasi. pertanyaan, pratinjau, kirim, lacak, dan laporkan. Setelah memperoleh pemahaman tentang profil pengetahuan awal kelas melalui kuis, pendidik dapat mengembangkan desain pembelajaran dengan memperhatikan analisis profil dan tingkat pemahaman materi serta kebutuhan peserta didik. pakar. Ahli materi memberikan skor 71% dengan kriteria sesuai, sedangkan ahli media memberikan skor 72% dengan kriteria baik. 2. Berdasarkan hasil angket respon siswa, penggunaan instrumen evaluasi berbasis web ProProfs Quiz Maker terbukti praktis. Pada uji skala kecil diperoleh persentase 96% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sedangkan pada uji pemakaian secara luas diperoleh persentase sebesar 82,4% dengan kriteria “Praktis”.
Full Text:
PDFReferences
Abid, N. (2011). Developing A Web-Based Model Using Moodle 1.9 For Teaching And Learning English At Smk Negeri 1 Jombang. Universitas Islam Malang.
Andryan, M., Aslam, M. N., Ridha, M., & Yaqin, M. A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Manajer Proyek Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 3(3), 373–386. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v3i3.386
Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283
Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Produktif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119–123.
Farihah, I., & Nurani, I. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Skema Hidden Curriculum Di Mts Nurul Huda Medini Demak. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 213–234. https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V12I1.2347
Hermilia, H., Ahyani, N., & Yan Putra, A. (2021). The Effect of Creativity and Work Motivation on the Productivity of Islamic Religious Education Teachers. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 464–473. https://doi.org/10.51276/edu.v2i2.145
Indrajit, R. E. (2016). E- Learning dan Sistem Informasi Pendidikan: Modul Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi dan Kualifikasi Kerja (2nd ed.). Preinexus.
Kadir, Abdul, and A. S. (2013). Teori dan aplikasi pengolahan citra." . Andi.
Maulana. (2018). Pembelajaran PPKn. Aksha Sakti.
Puspendik, T. (2011). Final Report Determinantsof Learning Outcomes TIMMS 2016. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.
Suprananto, K. (2012). Pengukuran dan penilaian pendidikan. Graha Ilmu.
Ulfah, M., Hairida, H., Arfiyanti, F., Permasari, N., & Sabila, J. A. (2021). Analisis Permasalahan Pendidik IPA Dalam Proses Penilaian Pembelajaran. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 186–196. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.21163
Wahab, Abdul Azis, and D. S. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan." Bandung: (2011). Alfabeta.
Wardhana, W. (2020). Pengertian Hak Dan Keawjiban Warga Negara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.