Penerapan Media Wayang Nusantara dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 di SDI Surya Buana
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A., & Hadi, S. (2023). Upaya Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Persiapan Mengajar Guru. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 50–58. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.409
Anderson, J. R. (1995). Cognitive Psychology and Its Implications. Freeman.
Angraeni, N., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deksripsi Melalui Penerapan Media Wayang Sukuraga Di Kelas Rendah. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 150. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.564
Bruner, J. S. (1960). The Process of Education. MA: Harvard University Press.
Diana, P. Z. (2021). Pengembangan e-Modul Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 153. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1635
Diki Maulansyah, R., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/483
Dumaini, N. K. D., & Nanik Ardhiani, G. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Lampuhyang, 14(2), 160–176. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.356
Ermayanti, D. (2019). Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Wayang kartun pada Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 1(1), 107–117. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp2019/article/view/5450
Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629–646. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2523
Krashen, S. D. (1982). Principles and Practice in Second Language Acquisition. Pergamon Press.
Maruti, E. S., & Opsari, R. U. Y. (2021). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Wayang Kreasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SD. Prosiding SENSASEDA, 1, 49–54.
Nabila Mustafafi, Sri Utaminingsih, & Fitriyah Amaliyah. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Unggulan Muslimat Nu Kudus. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 632–644. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1593
Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901
Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 190–196. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028
Piaget, J. (1970). Genetic Epistemology. Columbia University Press.
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Rachmawati, N., Zurinani, S., Antropologi, P. S., Budaya, F. I., Brawijaya, U., Antropologi, P. S., Budaya, F. I., & Brawijaya, U. (2023). Simbolisasi Budaya Jawa Dalam Bentuk Wayang. 3(1), 84–100.
Risnawan. (2019). Manajemen Teaching Factory Dalam Upaya Pengembangan Mutu Pembelajaran di SMK. 2(1), 1–13. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp
Romadhoni, A. D., Maret, U. S., Maret, U. S., Maret, U. S., Jawa, B., & Gambar, M. (2023). Penerapan Model Student Teams Achievement Division Dan Media Gambar Wayang Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 7(2), 158–164.
Simamora, P. J., Mustika, S., Sinulingga, S., & Nasution, J. (2023). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Berbasis Digital Secara Daring Menggunakan Media Wayang. Jurnal Ilmiah Aquinas, 1, 54–59. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i1.2301
Sukmawati, Lalu Hamdian Affandi, H. S. (2023). Pengembangan Media Wayang Kartun Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak Untuk Siswa Kelas IV SDN 2 Kayanga Sape. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 240–246. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1106
Syafril, E. P. E. S., & Agel, N. A. (2022). Wayang Sada (Sodo): A Media of Indonesian Language Learning and Cultural Introduction for Foreign Learners. London Journal of Social Sciences, 2, 1–12.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. MA: Harvard University Press.
Zulfah, S. (2022). Kearifan Lokal “Wayang Golek” Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad-21. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 19(1), 2022. https://10.0.143.59/bestari.v19i1.1180
Refbacks
- There are currently no refbacks.