Penerapan Media Wayang Nusantara dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 di SDI Surya Buana

Nurul Izhan Pepridel Yulanda

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui  1) perencanaan;  2)  pelaksanaan;  3) evaluasi;  4)  faktor  pendukung;  dan  5)  faktor  penghambat  penggunaan  media Wayang  Nusantara untuk meningkatkan semangat belajar siswa dalam proses pembelajaran.  Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif.  Subjek  penelitian adalah siswa kelas V.  Teknik  pengumpulan  data  dilakukan  melalui  wawancara,  observasi dan  dokumentasi.  Prosedur  analisis  data  adalah  reduksi  data,  sajian  data  serta penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  Perencanaan pembelajaran  dilakukan  oleh  guru dengan mempersiapkan  sejumlah  kebutuhan  siswa  dengan  memperhatikan  bentuk  tujuan pembelajaran,  mengidentifikasi  kebutuhan  belajar,  dan  membuat  rencana pembelajaran;  2)  Pelaksanaan  pembelajaran  keterampilan  menyimak dikemas dengan  menggunakan  media  Wayang  Nusantara, siswa secara berkelompok membuat cerita dengan memanfaatkan media Wayang Nusantara; 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memberikan penguasaan materi pembelajaran terhadap setiap awal pertemuan yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan wawasan siswa terhadap materi yang sedang dan sudah disampaikan, selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan; 4) faktor  pendukung  meliputi  media  pembelajaran, siswa, guru;  5) faktor penghambat yaitu waktu yang dibutuhkan lama

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Hadi, S. (2023). Upaya Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Persiapan Mengajar Guru. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 50–58. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.409

Anderson, J. R. (1995). Cognitive Psychology and Its Implications. Freeman.

Angraeni, N., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deksripsi Melalui Penerapan Media Wayang Sukuraga Di Kelas Rendah. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 150. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.564

Bruner, J. S. (1960). The Process of Education. MA: Harvard University Press.

Diana, P. Z. (2021). Pengembangan e-Modul Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 153. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1635

Diki Maulansyah, R., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/483

Dumaini, N. K. D., & Nanik Ardhiani, G. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Lampuhyang, 14(2), 160–176. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.356

Ermayanti, D. (2019). Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Wayang kartun pada Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 1(1), 107–117. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp2019/article/view/5450

Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629–646. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2523

Krashen, S. D. (1982). Principles and Practice in Second Language Acquisition. Pergamon Press.

Maruti, E. S., & Opsari, R. U. Y. (2021). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Wayang Kreasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SD. Prosiding SENSASEDA, 1, 49–54.

Nabila Mustafafi, Sri Utaminingsih, & Fitriyah Amaliyah. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Unggulan Muslimat Nu Kudus. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 632–644. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1593

Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901

Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 190–196. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028

Piaget, J. (1970). Genetic Epistemology. Columbia University Press.

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Rachmawati, N., Zurinani, S., Antropologi, P. S., Budaya, F. I., Brawijaya, U., Antropologi, P. S., Budaya, F. I., & Brawijaya, U. (2023). Simbolisasi Budaya Jawa Dalam Bentuk Wayang. 3(1), 84–100.

Risnawan. (2019). Manajemen Teaching Factory Dalam Upaya Pengembangan Mutu Pembelajaran di SMK. 2(1), 1–13. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp

Romadhoni, A. D., Maret, U. S., Maret, U. S., Maret, U. S., Jawa, B., & Gambar, M. (2023). Penerapan Model Student Teams Achievement Division Dan Media Gambar Wayang Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 7(2), 158–164.

Simamora, P. J., Mustika, S., Sinulingga, S., & Nasution, J. (2023). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Berbasis Digital Secara Daring Menggunakan Media Wayang. Jurnal Ilmiah Aquinas, 1, 54–59. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i1.2301

Sukmawati, Lalu Hamdian Affandi, H. S. (2023). Pengembangan Media Wayang Kartun Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak Untuk Siswa Kelas IV SDN 2 Kayanga Sape. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 240–246. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1106

Syafril, E. P. E. S., & Agel, N. A. (2022). Wayang Sada (Sodo): A Media of Indonesian Language Learning and Cultural Introduction for Foreign Learners. London Journal of Social Sciences, 2, 1–12.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. MA: Harvard University Press.

Zulfah, S. (2022). Kearifan Lokal “Wayang Golek” Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad-21. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 19(1), 2022. https://10.0.143.59/bestari.v19i1.1180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SUNDA787

SUNDA787

mpo1212

slot scatter hitam

diamond murah voucher game slot gacor maxwin

POSKOBET

POSKOBET

POSTOTO787

POSTOTO787

EMAS787

EMAS787

SUNDA787

SUNDA787

https://www.thedecliningwinter.com

ASIABET777

ASIABET777

https://mega888slots.com

https://www.thecarecommunity.com

https://mega888slots.com

situs slot 4d hayobet Slot Gacor 4d

slot88 online

situs slot gacor

Agen Slot gacor

diamond murah

voucher game

slot gacor

gd toto

POSTOTO787 https://hargaikan.com/ https://diasporaukconsultancy.co.uk/

gdtoto

slot mahjong

slot thailand

slot88

situs togel

22crown

slot

slot resmi

data keluaran sgp

slot gacor

situs slot

Server Jepang

slot88

Pandawin

https://www.dinkespolman.com/

https://www.davidsmusings.com/

slot gacor

https://bkmchughlaw.com/

https://dinkeskotaambon.com/

langkah 4d

situs pkv games

slot gacor

slot thailand

7 togel