Dampak Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid Terhadap Pendidikan Karakter Setelah Pandemi Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Pendidikan karakter pada masa pandemi ternyata sedikit “menghilang” pada diri siswa, hal ini sedikit banyak disebabkan oleh peralihan model pembelajaran pada saat pandemi yang berifat virtual dan kontrol dari orang tua yang ternyata sedikit berkurang pada proses pembelajaran daring tersebut. Penelitian ini berusaha untuk menemukan penyebab “hilangnya” pendidikan karakter pada anak yang terjadi pada pembelajran daring di masa covid 19. Pengambilan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan juga studi pada dokumen pendukung terkait presensi, buku nilai, dan penilaian sikap pada siswa di setiap kelas. Permasalahan ini menjadi tantangan bagi guru dan madrasah/sekolah untuk segera mengantisipasi pada saat pembelajaran new normal yang kembali pada model tatap muka, sehingga peran guru dan strategi yang dipakai harus benar – benar sesuai tujuan dalam kurikulum dan juga target yang diinginkan baik oleh madrasah, orang tua dan juga stakeholder lain yang berujung pada terwujudnya perilaku siswa yang sesuai dengan pendidikan karakter
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.