Menggali potensi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Tantangan dan Inovasi

Khoirun Nisa, Hanny Zahira, Muhammad Rizki Hidayatullah, Mohammad Zubad Nurul Yaqien

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Dasar merupakan pilar utama dalam membentuk identitas nasional dan keterampilan komunikasi siswa. Meskipun menjadi mata pelajaran inti, potensi pembelajaran Bahasa Indonesia dihadapkan pada sejumlah tantangan yang kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika, hambatan, dan solusi inovatif dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur, yaitu melalui pengumpulan dan analisis terhadap sumber-sumber literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Dengan demikian, penelitian ini dapat menggali potensi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar memerlukan upaya kolaboratif dari berbagai pihak, termasuk guru, orang tua, dan pihak terkait lainnya. Dengan menghadapi tantangan dengan pendekatan inovatif, pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi lebih menarik, relevan, dan efektif, sehingga membuka pintu bagi perkembangan kompetensi berbahasa siswa yang holistik dan berkelanjutan.


Full Text:

PDF ##common.remote##

References


Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415

Aminah, & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 6(5), 8349–8358.

Dantes, N. (2021). PENINGKATAN LITERASI SEKOLAH DAN LITERASI NUMERASI MELALUI MODEL BLANDED LEARNINGPADA SISWA KELAS V SD KOTA SINGARAJA. Widyalaya : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.

Dzaky, S. Z. A., & Badarudin, A. H. M. (2020). ANALISIS KOMPETENSI GURU DALAM PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PURBALINGGA LOR. SEJ (School Education Journal), 10(1), 27–36.

Febrianti, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MANAJEMEN PERENCANAAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKANEFISIENSI PENDIDIKAN. AoEJ: Academy of Education Journal, 14(2), 506–522.

Handayani, K. (2023). MENGASAH KETERAMPILAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 3049–3058.

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(1), 1–10.

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.

Lida, U. M., & Eliya, I. (2019). PERAN STARTUP DIGITAL “ RUANGGURU ” SEBAGAI METODE. Jurnal Edulingua, 6(2).

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., & Natasya, V. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence ( AI ) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698.

Nuryani, P., Abidin, Y., & Herlambang, Y. T. (2019). MODEL PEDAGOGIK MULTILITERASI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ABAD KE-21. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 117–126.

Parwati, N. P. Y. (2021). Widyadari STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA SOCIETY 5 . 0 Program Studi Pendidikan Sejarah , FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Dunia telah memasuki era tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahter. Widyadari, 22(1), 143–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science J-LAS, 3(3), 43–52.

Ramadhani, N., Ulya, W. J., Nustradamus, S. B., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Sistematic Literature Riview: Peran Media Pembelajaran Interaktif Dan Konvensional Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(5), 99–114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1931

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54.

Salsabila, U. H. (2020). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(5), 284–304.

Septianingrum, A. D., Suhandi, A. M., Putri, F. S., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, U., Wetan, C., & Cileunyi, K. (2022). Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam Literasi Digital untuk Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 137–145. https://doi.org/10.5281/zenodo.6555502

Tanu, I. K. (2018). PENGAJARAN BAHASA DAERAH DI SEKOLAH KAITANNYA DENGAN KURIKULUM 2013. Kalangwan: Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra Agama, 8(2).

Yulianto, D. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. DECODE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1212

slot scatter hitam