Studi Komparatif: Hakikat Bahan Ajar Modul dan LKPD pada Mata Pelajaran IPS dan PPKN di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hakikat dari bahan ajar modul dan lkpd pada mata pelajaran IPS serta PPKn di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang dipergunakan yakni dengan mengkaji literature yang berkaitan dengan modul dan lkpd. Adapun hakikat dari modul yakni bahan ajar yang berisi materi, batasan-batasan, dan langkah evaluasi yang disusun secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi kurikulum. Sementara itu, hakikat dari lkpd yakni bahan ajar yang memiliki struktur materi lebih sedikit daripada modul sebab lkpd dirancang untuk aktivitas eksplorasi. Diharapkan adanya komparasi hakikat bahan ajar modul dan lkpd dapat mengenal bahan ajar dan meminimalisir kesalahan penyusunan bahan ajar.
Kata Kunci: Bahan Ajar; Modul; LKPD; IPS; PPKNFull Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Angrayeni, S., Apfani, S., & Hedriani, M. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran NHT pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan Karakter, 2(2), 17–30.
Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Raja Grasindo Persada.
Azis, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, Dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak (Meliputi Audio, Audio Visual, Video).
Bawul, D. A., Darsono, & Yohani, D. D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Solving Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Cresswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2019). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (6 ed.). Pearson Education, Inc.
Efri, G. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Imun untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan. Sinasis 1: Prosiding Seminar Nasional, 1, 186–189.
Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 115–121.
Fauziyah, R. R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA untuk melatihkan ketrampilan berpikir kreatif siswa kelas IV MI NU Miftahul Khoir Prigen Pasuruan. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Febiany, N. A. (2022). Strategi Pembelajaran Sikap Kewarganegaraan pada Pembelajaran Dalam Jaringan (Studi Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 5 Surakarta).
Fortuna, I. D., Yuhana, Y., & Novaliyosi. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1308–1321.
Hananingsih, W., & Imran, A. (2020). Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6), 30–35.
Hidayah. (2006). Hand Out Work Shop Pendidikan. UNNES.
Hidayat, A., & Nisa, H. A. (2021). Pembelajaran Daring Matakuliah Drama dan Tari SD di Masa Pandemik Covid-19. Pelataran Seni, 6(1), 15. https://doi.org/10.20527/jps.v6i1.11411
Hutagalung, R. S. R., Suyatna, A., & Maharta, N. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System (LCDS) untuk Materi Pokok Impuls dan Momentum. Jurnal Pembeljaran Fisika, 4(2).
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129.
Khasanah, U. (2018). Peran Guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Unggulan di MTS Roudlotun Nasyi’in Mojokerto.
Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar (B. S. Fatmawati, Ed.; 1 ed.). Bumi Aksara.
Kuswara. (2017). Membuat Karya Tulis Ilmiah, Yuuk..! Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Laila, R., Sawitri, Y., Marta, Y. M. V., & Yanti, Y. (2019). Pengertian, Jenis-Jenis dan Karakteristik Bahan Ajar Cetak meliputi Handout, Modul, Buku (Diktat, Buku Ajar, Buku Teks), LKS, Pamflet.
Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180–187.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosia, 2(2), 311–326.
Masruhah, G. D., Rusdianto, & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12935
Maulinisa, R., & Anrada, A. (2021). Aplikasi Media Pembelajaran pada Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku di MIN 2 Kebonagung Imogiri Bantul, Yogyakarta. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(1), 185–204.
Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Pangestu, D. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas Viii D (Study Mata Pelajaran Ips Terpadu) Di Smp 1 Ma’arif Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.
Somayasa, W., Natajaya, N., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan Modul Matematika Realistik disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. 3.
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Berorientasi Konstruktivistik. Pestasi Pustaka.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 217–225.
Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59281
Refbacks
- There are currently no refbacks.