Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri

Unggul Joko Mahendro, Dwi Ningsih, Sri Rejeki Handayani

Abstract


Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang memiliki tugas utama dalam memberikan pelayanan kesehatan preventif dan promotif. Pelayanan yang berkualitas akan berpengaruh pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Kualitas pelayanan yang diberikan akan berdampak pada tingkat kepuasan pasien yang biasa disebut service quality (servqual). Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian dan mengetahui hasil analisis gap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri berdasarkan dimensi servqual. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional prospektif. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Sumber data penelitian berdasarkan kuesioner yang dibagikan pada pasien yang menebus obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri yang berisi lima indikator service quality. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian menggunakan model service quality dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian menggunakan model service quality menunjukkan hasil bahwa dimensi tangible sangat puas (86,62%), dimensi reliability sangat puas (88,53%), dimensi responsiveness sangat puas (91,85%), dimensi assurance sangat puas (89,61%), dan dimensi empathy sangat puas (92,23%). Dari nilai gap (kesenjangan) menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas sudah melebihi ekspektasi masyarakat. 


Keywords


kepuasan; pelayanan kefarmasian; puskesmas

References


Sa’diyah H.H. 2016. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Farmasi Di Puskesmas Pakualaman Dan Puskesmas Mergangsan Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode Servqual. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Montol S.A. Maramis F.R. dan Engkeng S. 2014. Hubungan Antara Status Demografi Dengan Kepuasan Dalam Pelayanan Pasien Jamkesmas Di Wilayah Kerja Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Kurniawan, K. Y. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Kefarmasian di Apotek Wae Laku Ruteng Kabupaten Manggarai. In Karya Tulis Ilmiah. Poltekkes Kemenkes Kupang.

Yuliani, N. N., Rae, A., Hilaria, M., & Takubessi, M. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Oebobo Kota Kupang. Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(1), 41–52.

Taufiq, T. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Palayanan Kefarmasian Di Apotik Puskesmas Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Kesehatan Yamasi, 1(7), 1–9.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2014 Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas. Jakarta.

Kotler Philip. Keller. dan Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Daulay M.A. 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Dua Puskesmas di kota Medan bulan Agustus 2015. Skripsi. Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara. Medan.

Rizqi, A. W. M. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Puskesmas Sisir Kota Batu. In Skripsi.

Feneranda, E., Pambudi, R. S., & Septiana, R. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Sehati Surakarta Selama Masa Pandemi Covid-19. St E-Proceeding SENRIABDI: Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sahid Surakarta, 1(1), 789–797.

Ruditya A.N. & Chalidyanto D. 2015. Hubungan Karakteristik Individu Terhadap Penilaian Kualitas Produk Apotek Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia 3 (2): 108-117.

Kapoh, O. C. (2018). Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Ndetudora. Poltekes Kemenkes Kupang.

Muhammad D., Almasyhuri, & Setiani L.A. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi 4 (2): 174-186.

Kristanti, N. D., Sumarni, & Wiedyaningsih, C. (2015). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Era Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice), 5(2), 72–79.

Maulidia, K. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Pasien BPJS Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSIA Pala Raya. Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Arimbawa, E., Suarjana, K., & Wijaya, I. P. G. (2014). Hubungan Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Apotik di Kota Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive, 2(2), 153.

Rahmawati, I. N., & Wahyuningsih, S. S. (2016). Faktor Pelayanan Kefarmasian dalam Peningkatan Kepuasan Pasien di Pelayanan Kesehatan. Indonesian Journal On Medical Science, 3(1), 88–95.

Alrosyidi, A. F., Humaidi, F., & Aprilia, I. W. (2020). Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Sistem Pelayanan Farmasi Di Apotek Kimia Farma 274 Pamekasan. Jurnal Farmagazine, 7(1), 66–72.

Fitriyati, Anam, K., Anwary, A. Z., & Ariyanto, E. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Kefarmasian Dengan Kepuasan Konsumen Apotek Bati-Bati Farma Di Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin




DOI: https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Islamic Pharmacy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

© 2023 Journal of Islamic Pharmacy