Pengaruh Tingkat Pengetahuan terhadap Perilaku dalam Menggunakan Produk Kosmetik Berlabel Halal pada Mahasiswa Teknik Arsitektur UIN Malang

Novia Maulina, Nur Fairus Silmy, Hajar Sugihantoro, Achmad Syahrir

Abstract


Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, sepatutnya memenuhi kebutuhan yang mengarah pada keadaan kehalalan suatu produk, salah satunya penggunaan kosmetik yang banyak digunakan masyarakat terutama mahasiswa. Kesadaran dalam menggunakan kosmetik halal ini merupakan akibat dari pemahaman agama yang baik serta edukasi produsen terkait sertifikat halal pada produknya, sehingga masyarakat lebih selektif pada pemilihan produk yang digunakan. Pengetahuan tentang kosmetik halal ini akan mempengaruhi perilaku dalam menggunakan produk kosmetik halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan perilaku mahasiswa Teknik Arsitektur UIN Malang tentang produk kosmetik halal, serta mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan terhadap perilaku dalam menggunakan kosmetik berlabel halal pada mahasiswa Teknik Arsitektur UIN Malang. Metode penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Hasil analisis data pada 104 responden menunjukkan pada tingkat pengetahuan 73 mahasiswa (70%) memiliki pengetahuan tinggi, 30 mahasiswa (29%) memiliki pengetahuan cukup, dan 1 mahasiswa (1%) memiliki pengetahuan rendah. Pada tingkat perilaku 62 (60%) mahasiswa memiliki perilaku tinggi, 27 mahasiswa (26%) memiliki perilaku cukup, dan 15 mahasiswa (14%) memiliki perilaku rendah. Pengetahuan kosmetik halal berpengaruh signifikan (0,006) terhadap perilaku dalam menggunakan produk kosmetik berlabel halal dengan kekuatan pengaruh sedang 0,388 dan arah positif. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara pengetahuan tentang kosmetik halal dengan perilaku dalam menggunakan produk kosmetik berlabel halal dengan kekuatan pengaruh tinggi dan arah hubungan yang positif.

Keywords


Halal; kosmetik; mahasiswa; pengetahuan; perilaku

References


Nitisusastro M. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta; 2013.

Maulina N, Rahmadanita FF, Rahmita NA, Tamara Y. Pengaruh Label Halal MUI dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Suplemen Kesehatan oleh Masyarakat Muslim di Kota Malang. J Islamic Pharm. 2023;7(1):46-51. https://doi.org/10.18860/jip.v7i1.15630

Azwar S. Penyusunan Skala Psikologi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar; 2012.

Ningrum EL, Wahini M. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Dengan Perilaku Penggunaan Kosmetik Tata Rias Wajah Berlabel Halal. e-Journal UNESA. 2019;8(1):57-63. https://doi.org/10.26740/jtr.v8n1.p%25p

Astrila G, Putranto A. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tentang Pesan Halal Terhadap Tingkat Kepercayaan Pada Produk Kosmetik (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tentang Pesan Halal Terhadap Tingkat Kepercayaan Mahasiswi UII Yogyakarta Pada Produk Kosmetik Wardah). e-journal UAJY. 2014;

Aditya T. Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Institut Teknologi Sumatera). [Doctoral Dissertation]. UIN Raden Intan Lampung; 2022

Rahmadani G. Halal dan Haram dalam Islam. J Ilm Penegakan Huk. 2015;2(1):20-6. https://doi.org/10.31289/JIPH.V2I1.1860

Albab FQ, Nurkhasanah M. Penetapan Kadar Alkohol Pada Kosmetik Menggunakan Metode Kromatografi Gas. J of Halal Sci and Res. 2020;1(1):30-8. http://dx.doi.org/10.12928/jhsr.v1i1.2501

Kusuma F. Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dalam Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal. [Skripsi]. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang; 2022.

Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2018.

Sakinah N, Nanda DM, Tohiruddin. Trend Fashion di Kalangan Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya. Pros Sem Nas Ilm Sos. 2022;1:32-8.

Romadhani P. Persepsi, Perilaku dan Keputusan Terhadap Pengguaan Produk Sunscreen Berlabel Halal (Studi Eksplorasi Pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang). Konf Integ Interkon Islam dan Sains, 2022;4(1):101-5.

Maulina N, Zulfa H, Sammah MA, Natasya C. Pengaruh Edukasi Podcast terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Muslim Tentang Skincare Halal Di Kota Malang. Med Sains: J Ilm Kefarm, 2022;8(3):935-44

Nugrahaeni F, Wulandari N, Agustin M. Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat Terhadap Kehalalan Kosmetik di Kecamatan Duren Sawit DKI Jakarta. J Islamic Pharm. 2022;7(2):119-22. http://dx.doi.org/10.18860/jip.v7i2.16050

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2013.




DOI: https://doi.org/10.18860/jip.v9i2.26879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Islamic Pharmacy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© 2023 Journal of Islamic Pharmacy