Konflik dan Stress dalam Organisasi Lembaga Pendidikan Islam pada Masa Pandemi Covid-19 dan Penyelesaiannya
Abstract
Pandemi covid-19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan. Salah satu sektor yang terdampak adalah pendidikan. Kegiatan pendidikan yang mulanya dilaksanakan secara tetap muka, karena pandemi covid-19 seluruh kegiatan pendidikan dilaksanakan secara online. Perubahan ini memunculkan berbagai macam konflik dan stress dalam organisasi lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik dan stress apa saja yang terjadi di MA Al-Hidayah dan bagaiaman penyelesaianya. Penelitian ini menggunakan pendektana kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga macam konflik yang terjadi di MA Al-Hidayah pada masa pandemi Covid-19, ketiga konflik tersebut termasuk konflik destruktif, dua diantaranya termasuk substantif conflict dan satu termasuk emotional conflict. Strategi penyelesaian yang di gunakan diantaranya lose-lose strategy, mediation dan win-lose strategy. Terdapat tiga macam stress yang terjadi di MA Al-Hidayah yaitu stress yang dialami oleh kepala sekola, guru dan siswa. Adapun strategi yang digunakan dalam menangani stress adalah dengan 1) menghilangkan stressor, 2) mengendalikan konsekuensi dari stress, 3) mengubah persepsi terhadap stressor dan 4) memberikan dukungan sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
al, L. D. (2014). Heroic Leadership in Australia, Sweden, and the United States. International Journal of Educational Management, 85-97.
Anwar, A. M. (2009). Manajemen Sumber Daya Perusahaan . Bandung: Remaja RosdaKarya.
Anzizhan. (2015). Konflik Dalam Organisasi Sekolah. Tarbiyah, 114-31.
Ayik, T. U. (2017). Relationship Between Communication Competence and Conflict. Eurasian Journal of Educational Research, 167-86.
Handoko, H. (2011). Manajemen Personalia dan Sumber Daya. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Muhammad, M. (2020). Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Manajemen Bisnis, 192-210.
Mulyasa. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasir, N. (2020). Phisicologycal Stress and Accosiated Factors During The Coronavirus Disease . International Journal Of Science And Research (IJSR), 12-18.
Ariant, Nova Syafira. (2019). The Principal's Conflict Management Strategy Through Increased community Participationin the Era Of Indusdtrial Revolution 4.0. International Conference On Educational Technology (ICET), 30-32.
Riazul, J. (2021). Tingkat Stress Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 192-210.
Saiti, A. (2015). Conflicts in Schools, Conflict Management Styles and the Role of the School Leader: A Study of Greek Primary School Educators. Educational Management Administration and Leadership, 582–609.
Wijono. (1993). Prilaku Organisasi: Konsep, Kontroverssi, Aoplikasi. Jakarta: PT Prehalindo.
Ibrahim, Yuliani. (2012). „Manajemen Konflik Dalam Peningkatan Produktivitas Di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh. Administrasi Pendidikan, 70-81.
Yuwono, S. (2010). Mengelola Stress Dalam Persfektif Islam dan Psikologi. Jurnal Phsyico Idea , 50-62.
DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v0i0.12220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jmpi@uin-malang.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY: