Supervisi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru

Subaidi Subaidi, Jupri Jupri, Munasir Munasir

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan profesional guru di MA Darul ‘Ulum di Taman Sari Pati, yang meliputi progam, pelaksanaan, evaluasi, factor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala Madrasah Aliyah Daarul ‘Ulum Taman Sari Pati. Melalui kegiatan supervisi, madrasah dapat membantu guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran dan untuk meningkatkan profesionalismenya. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi, subyek penelitian kepala Madrasah, wakil kepala Madrasah dan guru. Hasil peneitian ini antara lain; supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru berjalan sebagaimana yang direncanakan. Peningkatan kompetensi profesional guru hasilnya meliputi; penguasan materi, menguasai kompetensi dasar, mengembangkan materi, mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Keywords


Kompetensi Profesional Guru; Supervisi akademi

Full Text:

PDF

References


Agnes remi rando & Aschari Senjahari (2019). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Journal Content, EISSN:2549-1911-ISSN:2502-1591, Volum 4, No. 2.

Aguslani Muslih, Rudi Ahmad Suryadi (2018). Supervisi Pendidikan Sekolah Teori dan Praktik.

Ahmad Ramadhan. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervise Akademik pengawas Sekolah dan Supervisi kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Journal of educational Science and Tehnology, Volume 3. No. 2. p-ISSN; 2460- 1497 dan e- ISSN; 2477-3840.

Dedy Mustafid, K., & Sakdiah Ibrahim. (2016). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MIN 2 Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(2), 1–13. Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema

Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.(2003). Pedoman Pengembangan: Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta.

E. Mulyasa. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. ke x.

Erdianti. (2014). Strategi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru. jurnal Al Ta’dib volume 7 No 1.

Henny. (2015). Supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan Profesional Guru. Jurnal Intelektualita, Volume 3, No. 2.

Imam Suprayogo dan Tobroni. (2001). Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jalaluddin Rakhmat. (2014). Metode Penelitian Komunikasi, Dilengkapi Contoh analisis Statistik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Jamal Ma’mur Asmani. (2012). Tips Epektif supervise Pendidikan Sekolah dalam E. Mulyasa, (eds), Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah.

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. (2019). Lembaga Pengembangan dan pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS)

Leniwati & Yasir Arafat. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Volume 2, No. 1, Januari-Juni.

M. Ngalim Purwanto (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Made Pidarta. (1992). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad Priyatna. (2017). Manajemen Pembelajaran Progam kulliyatul Mualimah Al-Islamiyah. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol 06 No 11.

Nabila, I. (2018). Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(1), 53–63. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3282

Nugraha, M. S. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/nadwa.

Piet A. Sahertian. (2000). Konsep Dasar dan Tekhnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cet. Ke-2.

Putri Handriyani. (2016). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru PAI (Studi kasus di se- Kecamatan Sragen)

Rahmawati. (2017). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di SMA IT pada pondok pesantren (Studi Kasus SMA IT pada Pondok Pesantren Putri Babussalam Kuala Kapuas)., Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin.

Rijka Fauziana. (2010). Upaya supervisor didalam meningkatkan pembelajaran di MTs Langkapan srengat Blitar

Samsuadi. (2015). Pengaruh Supervise Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru. Journal Of EST, Volume 1, No. 2, September.

Tabi’in. (2017). Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Guru PAI Madrasah di kkmi Kecamatan Penjaringan

Torozatolo Zega. (2016). Meningkatkan kompetensi professional guru melalui pelaksanaan supervise akademik oleh kepala sekolah. Jurnal Warta Edisi:50, ISSN: 1829-

Watomo. (2011). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Penilaian Terhadap pembinaan Profesional Dengan Kemampuan Mengajar Guru. Jurnal Al-Misbah. Volume 01, No. 02 juli.

Zulfikar et al. (2017). Supervisi Akademik Oleh Kepala Aekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, ISSN 2302-0156-pp. 192-198, Volum 5, No. 3, Agustus.




DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v7i1.14970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 
Mailing Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    Email: jmpi@uin-malang.ac.id  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEXED BY: