Supervisi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnes remi rando & Aschari Senjahari (2019). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Journal Content, EISSN:2549-1911-ISSN:2502-1591, Volum 4, No. 2.
Aguslani Muslih, Rudi Ahmad Suryadi (2018). Supervisi Pendidikan Sekolah Teori dan Praktik.
Ahmad Ramadhan. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervise Akademik pengawas Sekolah dan Supervisi kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Journal of educational Science and Tehnology, Volume 3. No. 2. p-ISSN; 2460- 1497 dan e- ISSN; 2477-3840.
Dedy Mustafid, K., & Sakdiah Ibrahim. (2016). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MIN 2 Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(2), 1–13. Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema
Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.(2003). Pedoman Pengembangan: Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta.
E. Mulyasa. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. ke x.
Erdianti. (2014). Strategi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru. jurnal Al Ta’dib volume 7 No 1.
Henny. (2015). Supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan Profesional Guru. Jurnal Intelektualita, Volume 3, No. 2.
Imam Suprayogo dan Tobroni. (2001). Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jalaluddin Rakhmat. (2014). Metode Penelitian Komunikasi, Dilengkapi Contoh analisis Statistik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Jamal Ma’mur Asmani. (2012). Tips Epektif supervise Pendidikan Sekolah dalam E. Mulyasa, (eds), Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah.
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. (2019). Lembaga Pengembangan dan pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS)
Leniwati & Yasir Arafat. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Volume 2, No. 1, Januari-Juni.
M. Ngalim Purwanto (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Made Pidarta. (1992). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhammad Priyatna. (2017). Manajemen Pembelajaran Progam kulliyatul Mualimah Al-Islamiyah. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol 06 No 11.
Nabila, I. (2018). Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(1), 53–63. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3282
Nugraha, M. S. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/nadwa.
Piet A. Sahertian. (2000). Konsep Dasar dan Tekhnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cet. Ke-2.
Putri Handriyani. (2016). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru PAI (Studi kasus di se- Kecamatan Sragen)
Rahmawati. (2017). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di SMA IT pada pondok pesantren (Studi Kasus SMA IT pada Pondok Pesantren Putri Babussalam Kuala Kapuas)., Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin.
Rijka Fauziana. (2010). Upaya supervisor didalam meningkatkan pembelajaran di MTs Langkapan srengat Blitar
Samsuadi. (2015). Pengaruh Supervise Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru. Journal Of EST, Volume 1, No. 2, September.
Tabi’in. (2017). Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Guru PAI Madrasah di kkmi Kecamatan Penjaringan
Torozatolo Zega. (2016). Meningkatkan kompetensi professional guru melalui pelaksanaan supervise akademik oleh kepala sekolah. Jurnal Warta Edisi:50, ISSN: 1829-
Watomo. (2011). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Penilaian Terhadap pembinaan Profesional Dengan Kemampuan Mengajar Guru. Jurnal Al-Misbah. Volume 01, No. 02 juli.
Zulfikar et al. (2017). Supervisi Akademik Oleh Kepala Aekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, ISSN 2302-0156-pp. 192-198, Volum 5, No. 3, Agustus.
DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v7i1.14970
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jmpi@uin-malang.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY: