Pendekatan Supervisi Direktif dalam Pembinaan Guru Madrasah Tsanawiyah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Jalil & Deny Setiawan. (2022). Proses Supervisi Direktif, Non-Direktif dan Kolaboratif dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.51339/akademika.v4i1.461
Afrijawidiya. (2017). Supervisi Pengajaran Dengan Pendekatan Direktif, Non- Direktif dan Kolaboratif. Jurnal Manajer Pendidikan, Vol. 11, No. 4.
Aminatuz Zuhriyah, I. (2010). Implemetasi Pendekatan Supervisi Pembelajaran Direktif dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI/SD, Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 3 No. 1.
Budi Wiyono, B. (2007). Pembinaan Kemampuan Profesional Guru di Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Mengajar Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 14 No. 2.
Chaula, L. (2023). School heads’ clinical supervision practices and emerging teacher emotions in Tanzania secondary schools. Heliyon, 9(1), e13021. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13021
Fakhrurrozi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Takfir, Vol. 11, No. 1, 85–99.
Karyati, R. (2020). Monitoring Dan Evaluasi Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Binaan Kepengawasan Kota Malang. Jurnal Pendidikan Hayati, Vol. 6, No. 3, 122–132.
Kurniati. (2020). Pendekatan Supervisi Pendidikan. Jurnal Idaarah, Vol. IV No. 1.
Lexy J, M. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Maunah, B. (2009). Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktik. Teras.
Maunah, B. (2013). Pembinaan Guru Dengan Pendekatan Supervisi Klinis. Jurnal, Posgraduate Program Off State Islamic Institute (IAIN Kediri), Vol. 1, No. 2.
Mazaya, F. (2021). Supervisi Profesionalitas Guru di Masa Pandemi Corona. J-MPI, 6(1), 71–81. https://doi.org/10.18860/jmpi.v6i1.9323
Moh Rofiki, E. D. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 3, No. 2, 336–342. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1356
Muh. Habibullah, B. M. (2015). Kecerdasan Emosional. Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam P3M STAIN Kediri, Vol 13. No. 1.
Mustafiah, E. (2020). Evaluasi Terhadap Pembinaan Guru Melalui Supervisi Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, Vol. 5, No. 3, 248–253.
Nur Mufidah, L. (2008). Supervisi Pendidikan. Center for Society Studies.
Purwanto, A. (2018). Meningkatkan Kinerja Guru Dengan Pendekatan Direktif. Jurnal Global Edukasi, Vol. 2 No. 3.
Purwanto, N. (2003). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Rosdakarya.
Robert U-Sayee, C. (2021). Supervisory practices and challenges faced by senior high school principals in Greater Monrovia, Liberia: Implications for quality education. Heliyon, 7(1).
Sahaertian, P. A. (2000). Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.
Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al-Misbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an): Vol. Volume 6 (IV). Lentera Hati.
Subaidi, J., & Munasir. (2022). Supervisi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), Vol. 7 No. 1.
Sudarsono. (2016). Implemetasi Pendekatan Direktif, Non Direktif dan Kolaborasi dalam Supervisi di MAN Trenggalek. Kabilah Journal of Social Community, Vol. 1 No. 2.
Sunarya Panjaitan, I. (2015). Pendekatan Supervisi dan Tipe Kepribadian Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, Vol. 7 No. 2.
Tri Rahmawati, H. (2022). Meningkatkan Kompetensi profesional Guru melalui Supervisi direktif kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, Vol.1, No.4.
Wahib, A. (2021). Manajemen Evaluasi Program Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 3, No. 1, 91–104. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.512.
Wiyono, B. B., Widayati, S. P., Imron, A., Bustami, A. L., & Dayati, U. (2022). Implementation of Group and Individual Supervision Techniques, and Its Effect on the Work Motivation and Performance of Teachers at School Organization. Frontiers in Psychology, 13, 943838. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.943838
DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v8i1.19488
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jmpi@uin-malang.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY: