Developing Morally Strong and Intellectually Capable Students: An Islamic Education Model in Senior High School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, A. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman. https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i2.336
Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO:
Journal of Islamic Education, 6(1), 33–60. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4017
Ananda, A., & Aprison, W. (2024). Paradigma Pendidikan Indonesia Dan Kesenjangan Sosial Terhadap Pendidikan. Perspektif Agama Dan Identitas, 9(5).
Creswell, J. W. (2007). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (3rd ed.). SAGE.
Elistatia, U., & Abdillah, L. R. (2024). Pengelolaan Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Membantu Peningkatan Mutu Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan
Teknologi Indonesia, 4(3), 91–103. https://doi.org/10.52436/1.JPTI.423
Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian
Kepada Masyarakat, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p37-47 Hasibuan, N., Pd, S. K., Th, M., Khasanah, U., Pd, M., Shofia, C., Alanur, N., & Pd, S. (2024). Transformasi Pendidikan Karakter: Menuju SDM Unggul Dan
Berkelanjutan. Penerbit Tahta Media.
https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/774
Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71–86. https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.639
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan solusi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru: sebuah kajian pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132.
Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/EQUILIBRIUM.V9I1.4489
Karisma, L. A., & Nadziroh, I. F. (2023). Manajemen Mutu Perubahan dalam Peningkatan
Kualitas Lembaga Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Negeri. Dirasat: Jurnal
Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(1), 29–42. https://doi.org/10.26594/DIRASAT.V9I1.3295
Kholik, N. (2017). PERANAN SEKOLAH SEBAGAI LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Tawadhu, 1(2), 244–271. https://doi.org/10.52802/TWD.V1I2.289
Kuswanto, E. (2014). Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. Mudarrisa, 6(2), 194–220.
Manan, A. (2023). Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni dalam Era Digital. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 56–
73.
Mubin, F., Marwazi, M., Ivada, P. D. K., & Aziz, A. (2023). Urgensi Otonomi Pendidikan
Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 71–79. https://doi.org/10.36671/andragogi.v5i01.454
Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara.
Munandar, A., Siregar, M., & Hidayat, S. (2025). Implementasi strategi manajemen untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 10(2), 112-125.
Nurhayati, N., Nasir, M., Mukti, A., Safri, A., Hasibuan, L., & Anwar, K. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL,
3(2), 594–601. https://doi.org/10.38035/JMPIS.V3I2.1123
Nurjaman, I. (2024). Optimalisasi manajemen kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Persis Sindangkasih Ciamis. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 45-58.
Saffina, A. D., Muzaki, F. F., & Simatupang, M. Z. (2020). Perubahan Kurikulum di Awal
Era Reformasi (2004-2006) dan Dampaknya terhadap Pendidikan Nasional. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(1), 52–62. https://doi.org/10.31540/sindang.v2i1.621
Santika, A., Ahmad, I., & Muniroh, N. (2023). Implementasi Inovasi Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam MULTIDISIPLIN, 1(1), 38–56. https://riset-iaid.net/index.php/jsim/article/view/1339
Sarana, O. M., Prasarana, D., Mutu, P., Di, P., Aliyah, M., Pesentren, B., Arifin, Z., & Rahmawati, S. (2022). Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana sebagai
Penunjang Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Berbasis Pesentren. Dirasat:
Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 218–231.
https://doi.org/10.26594/DIRASAT.V8I2.3117
Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 146–151. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10843
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Tahajudin, D., Rokmanah, S., & Putri, C. H. (2023). Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1967–1972. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1631
Tiara, Z. D., Supriyadi, D., & Martini, N. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 450–456. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.776
Ulfatin, N. (2022). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 1(3), 225–236. https://doi.org/10.37985/JER.V1I3.26
Yulianti, P., Riadi, A., Zahratunnisa, F., Aulia, N., Fatimah, A., & Arrahima, A. (2024). Kajian Literatur: Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Generasi Muda. Indonesian Journal of Islamic Education, 2(1), 113–123. https://doi.org/10.31949/IJIE.V2I1.10114
DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v10i1.30780
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nafisah Zein

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jmpi@uin-malang.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:













