Kepemimpinan Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Studi Pustaka Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an)
Abstract
Al-Qur’an merupakan sumber primer pendidikan Islam. Teks al-Qur’an bersifat konstan, namun kontekstualisasi al-Qur’an bersifat dinamis, sehingga dapat memberikan sumbangsih pemikiran sebagai alternatif solusi atas problematika pendidikan nasional di Indonesia, terutama krisis kepemimpinan pendidikan. Tulisan ini bertujuan memberikan sumbangsih pemikiran terkait alternatif solusi atas problem krisis kepemimpinan pendidikan dengan menjadikan kisah-kisah dalam al-Qur’an (Qashash al-Qur’an) yang relevan sebagai objek penelitian.
Penelitian ini bersifat studi pustaka dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, terutama melibatkan tafsir al-Qur’an dan literatur ilmu pendidikan. Teknik analisis data mengacu pada metodologi tafsir tarbawi (tafsir kependidikan) dengan tiga model analisis, yaitu analisis kebahasaan (lughawi), analisis isi (tahlili) dan analisis kependidikan (tarbawi).
Hasil penelitian menujukkan bahwa kepemimpinan pendidikan dalam tujuh kisah rasul yang termaktub dalam al-Qur’an, dapat dikategorikan menjadi empat kompetensi. Yaitu kompetensi moral, profesional, sosial dan intelektual. Keempatnya merupakan pemekaran makna dari empat sifat kenabian, yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Keempat kompetensi dan sub-kompetensi kepemimpinan tersebut berimplikasi pada aneka model, strategi hingga teknik kepemimpinan pendidikan yang berpotensi menanggulangi krisis kepemimpinan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rosidin. 2015. Metodologi Tafsir Tarbawi. Jakarta: Amzah.
Handoyo, Seger. Pengukuran Servant Leadership Sebagai Alternatif Kepemimpinan Di Institusi Pendidikan Tinggi Pada Masa Perubahan Organisasi, Makara, Sosial Humaniora, Vol. 14, No. 2, Desember 2010
Ghazali, Bahri. 2003. Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta: Prasasti.
Madjid, Nurcholish. 1997, Bilik-bilik Pesantren, sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina.
Mastuhu 1999. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Mastuki, 2001. Menelusuri Pertumbuhan Madrasah di Indonesia, Jakarta Depag, Ditjen Kelembagaan Agama Islam.
Maksum. 2001, Madrasah, Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Rahardjo. Dawam [ed]. 1983. Pesantren dan Pembaharuan, Jakarta, Lembaga Penelitian, Pengembangan Pendidikan, Ekonomi dan Sosial
Saleh, Abdul Rachman. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan, Jakarta: Gemawindu.
Siradj, Said Aqiel. et al. 1999. Pesantren Masa Depan, Bandung: Pustaka Hidayah.
Karel, A. Steenbrink. 1986. Pesantren, Madrasah, Sekolah. Pendidikan Islam dalam kurun modern. Jakarta. LP3ES
Tafsir, Ahmad http://journal.ui.ac.id/index.php/humanities/article/view/675/643 diakses pada 27 Februari 2016
https://nyoemhokgie.wordpress.com/2014/01/22/pemimpin-versi-rhenald-kasali/ diakses pada 27 Februari 2016
http://elcaminogroup.com/sharing-brilliance/the-leadership-diamond-corner/ diakses pada 27 Februari 2016
http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150123155605-20-26904/korupsi-dana-bos-empat-kepala-sekolah-dicopot/ diakses pada 27 Februari 2016
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/06/22/121187-mnuhnilaikemampuanmanajerialkepalasekolahrendah diakses pada 27 Februari 2015
DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v1i2.3964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jmpi@uin-malang.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY: