The Role of Short Videos on Social Media in Increasing Interest in Learning Arabic Among Generation Z: Opportunities and Challenges
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., & Matori. (2024). Peluang Dan Tantangan Media Sosial Tiktok Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Era Society 5.0. Jurnal : Inspirasi, 08(01), 78.
Al-Rafi’i, M. S. (2023). Pengaruh Media Sosial YouTube Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab : Studi Literature Review. 6(2).
Andriani, W. (2021). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review Dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 07(02), 125. https://doi.org/DOI:10.18592/ptk.v7i2.5632
Athiyah, U., Handayani, A. P., Yusril, M., Aldean, Putra, N. P., & Ramadhani, R. (2021). Sistem Inferensi Fuzzy : Pengertian, Penerapan, dan Manfaatnya. Jurnal Of Dinda, 01(02), 74. https://doi.org/https://doi.org/10.20895/dinda.v1i2.201
AZIZ, A. (INSTITUT A. I. P. (INSIP) J. T. . (2024). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ERA DIGITAL: PROBLEMATIKA DAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN MEDIA.
Daraini, N. S., & Masnawati, E. (2024). Peran Media Sosial Youtube Sebagai Media Edukasi Dalam Pendidikan Generasi Z. Mind : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kebudayaaan, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.417
Maulida Azizah, N. U. (2022). TikTok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Asing: Potensi dan Tantangannya. Universitas Negeri Semarang.
Muhammad Faiz, J. A. (2024). Tantangan dan Strategi Pemahaman Bahasa Arab untuk Pendidikan Generasi Z: Analisis dan Prospek Masa Depan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 05(04), 158. https://doi.org/I: https://doi.org/10.59141/japendi.v5i4.2749
Mujianto, H. (2019). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.10358/jk.v5i1.588
Priantiwi, T. N., & Abdurrahman, M. (2023). Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1365–1371. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1502
Putra. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Empati Sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 7(2), 89–98.
Ramadhan. (2020a). Dampak Negatif Media Sosial terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 6(1), 45–53.
Ramadhan, R. (2020b). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Baru Dizaman Digital. Jurnal : Munasbauai, 03(01).
Ramdani, N. S., Hadiapurwa, A., & Nugraha, H. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02). https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406
Sulfikar, & Fawzan., N. (2023). Pemanfaatan Instagram Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Mahasiswa. Jurnal Tahsinia, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.337
Syaifullah. (2022). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Spiritual Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 9(2), 123–134.
Syarofi, A., & Syuhadak. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio-Visual melalui Media Sosial: Youtube, TikTok, Instagram, Facebook. KITABA : Journal of Interdisciplinary Arabic Learning, 01(01), 04. https://doi.org/10.18860/kitaba.v1i1.20901
Taubah, M. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam : Endidikan Agama Islam, 02(01), 62.
Ubaidillah, U. (2020). Pembelajaran Istima’ Berbasis Online; Blended Learning dalam Istima’ I. AL-ITTIJAH, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v12i01.2931
Ubaidillah, U., Muflih, M., Fajri, N., Jaili, H., & Azimah, N. (2025). The Importance of Digital Media in Arabic Language Learning; The Use of Canva in Vocabulary Learning. JURNAL AL-MAQAYIS, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18592/jams.v10i1.8675
Uyuni, Y. R., & Amalia, N. (2024). Social Media Language Trends: A Study of Changes in the Meaning of Contemporary Arabic Words in the Digital Era. … Journal of Arabic Language …. https://e-journal.metrouniv.ac.id/IJALT/article/view/9925
Zunurahma, F. C., & Fahrezi, G. (2023). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM SEGMEN #BELAJARBARENGCITA. 1(2).
DOI: https://doi.org/10.18860/kitaba.v3i2.33246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siti Rif’atul Milah, Siti Zahrotul Azizah, Raudina Rihhadatul ‘Aisy
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Kitaba: Journal of Interdisciplinary Arabic Learning
Address: Jl. Gajayana No.50, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144
Phone: +6281333666063
Kitaba: Journal of Interdisciplinary Arabic Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





