OPTIMALISASI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MELALUI TEORI DELONE MCLEAN
Abstract
Dalam beberapa tahun kebelakang ini penggunaan sistem informasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi kegiatan di perpustakaan. Penerapan Sistem informasi di perpustakaan dianggap mempengaruhi layanan perpustakaan terhadap pengguna. Dalam penelitian ini fokus pembahasannya adalah untuk memperdalam variable-variabel yang ada di dalam teori kepuasan pengguna sistem informasi yang dikemukaan oleh Delone Mclean. Proses pengambilan data menggunakan sampel yaitu Pegawai SMK Negeri 5 Kota Malang sejumlah 106 orang yang didasarkan pada perhitungan menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna. Kualitas Layanan merupakan variabel paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pengguna.
Full Text:
PDFReferences
Cravens, D.W. and Piercy, N.F.2006.Strategic Marketing (8thed.). New York .
DeLone, W. H., McLean, E. R. 1992. Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Information System Res., vol. 3, no. 4,page : 60–95. _______. 2003. The DeLone and McLean Model of Information Systems Success : A Ten-Year Update. Journal Management Information System. Vol. 19(4) page : 9–30.
Davis, Gordon B.1991. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1. Jakarta : PT Pustaka Binamas Pressindo.
Gujarati, 1997. Statistik Ekonometrika. Jakarta : Bumi Aksara.
Sidharta, Lani. 1995. Pengantar Sistem Informasi Bisnis, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v1i2.11922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Perpustakaan Dan Sains Informasi Departement
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia