Analisis Perilaku Media Sosial Berdasarkan Teori Pembelajaran Sosial Bandura (Studi Survei Pengikut Akun "L")

Ferika Sandra, Aulia Mi'rojtin Firdaus, Alfin Rio Dwitama

Abstract


Akun Instagram "L" adalah akun yang menyediakan atau mempublikasikan berbagai jenis informasi mulai dari berita politik, selebriti dan hal-hal yang viral. Hal ini kerap memancing pengguna Instagram yang melihat berita tersebut untuk memberikan respon yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku media sosial pengikut akun Instagram "L" berdasarkan teori belajar Bandura yang telah dibagi menjadi tiga indikator, antara lain perilaku manusia yang mempengaruhi lingkungan, cara pandang manusia dan cara berpikir tentang informasi dan perilaku manusia yang dipengaruhi oleh lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berupa Google Form melalui direct message (DM) Instagram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama bagi setiap populasi terpilih untuk menjadi anggota sampel (Probability Sampling) dengan total 102 responden. Menurut hasil analisis data responden, dari ketiga indikator teori belajar sosial Bandura, hanya perspektif atau pola pikir seseorang yang terbukti berdampak pada perilaku media seseorang, terutama sebagai pengikut akun Instagram "L".

Kata kunci: perilaku informasi;  Media Sosial;  Cara Berpikir atau Mindset


References


Azlina, A., Lestari, M. T., & Ali, D. S. F. (2015). PENGARUH AKTIVITAS PADA INSTAGRAM TERHADAP SIKAP MAHASISWI PENGGUNA INSTAGRAM DI BANDUNG (STUDI PADA INSTAGRAM FASHION BLOGGER SONIA ERYKA). E-Proceeding of Management, 2(2), 2229. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/822

Bungsu, R., & Rosadi, K. I. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Berpikir Sistem: Aspek Internal dan Eksternal. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 205–215. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i2

Dwiani, S. R., & Prihantoro, E. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM @najwashihab DAN TERPAAN INFORMASI TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP FOLLOWERS DALAM MENGHADAPI COVID-19. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi (JRMDK), 2(3), 127–133. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jrmdk/article/viewFile/11256/6153

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. Data Reportal. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Kinantiar, D. A. (2018). Pengaruh Akun Instagram Hipwee Terhadap Sikap Followersnya. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Maita, I., Zaimonalisa, N., & Rahmawita, M. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI) 13, Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind. 13, 57–60.

Maryuliana, Much Ibnu Subroto Imam, & Farisa Chairul Haviana Sam. (2018). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.

Matondang, Z. (2009). Validitas dab Reabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 6(1). https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510

Noor, H. R. Z. Z. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Petunjuk Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Deepublish.

Nugraha, B., & Akbar, M. F. (2019). Perilaku Komunikasi Pengguna Aktif Instagram. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 95. https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.21330

Silalahi, U. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Refika Aditama.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v3i2.19417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia