Evaluasi Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Pada Perpustakaan Umum Kota Batu Berdasarkan Model Evaluasi Kirkpatrick

Dinda Ayu Novianti, Ananda Dyah Ayu Kumala, Wahyu Enggar Wulandari, Ganis Chandra Puspitadewi

Abstract


Perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perpustakaan yang berperan aktif dalam menyediakan informasi terhadap masyarakat luas tanpa adanya diskriminasi terhadap kelompok tertentu. Bertujuan untuk menguatkan peran perpustakaan umum dalam memajukan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan literasi tinggi dengan diimbangi kreativitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, inklusi sosial di Perpustakaan Umum Kota Batu sendiri terdiri dari empat layanan kegiatan yaitu teknik decoupage, cooking, English Club, dan e-Book. Dari segi pendukung kegiatan, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Perpustakaan Umum Kota Batu cukup memadai baik dari tempat maupun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan inklusi sosial. Inklusi sosial yang diadakan oleh Perpustakaaan Umum Kota Batu belum dilaksanakan secara maksimal sehingga untuk menuju tujuan akhir berupa peningkatan kesejahteraan belum tercapai. Pada kenyataannya terdapat informan yang tidak menerapkannya karena berbagai macam hal dan hanya menjadikannya sebagai sebuah knowledge.

References


Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan Dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10). Mahaliyah, N. A., &Irhandayaningsih, A. (2019). Analisis Penerapan Inklusi Sosial Oleh Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo Terhadap Pengguna. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 204–213. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jip/Article/View/26872 Marwiyah, -. 2019. “Social Inclusion for Older People Through Library Services.” in Proceedings of the 2nd Internasional Conference on Culture and Language in Southeast Asia (ICCLAS 2018). Tangerang Selatan, Indonesia: Atlantis Press. Nurhayati, Yetti. 2018. “Penerapan Model Kirkpatrick untuk Evaluasi Program Diklat Teknis Subtantif Materi Perencanaan Pembelajaran Di Wilayah Kerja Provinsi Kepulauan Riau.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 6(2):170–87. doi: 10.36052/andragogi.v6i2.63. P, A. G. (2017). Peran Data dalam Manajemen Perpustakaan di Indonesia. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/kah.v5i2a3. Rachman, Rani Auliawati, Dadang Sugiana, and H. Rohanda. 2019. “Strategi Sukses Transformasi Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial untuk Masyarakat Sejahtera (Studi Pada Perpustakaan Desa Gampingan Gemar Membaca Malang).” 13. Riyanda, I. T. (2020). Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Pada Perpustakaan Desa Sekip Kabupaten Deli Serdang Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat.Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91. Sugiyo, Yuli Kurniawati, Sony Zulfika, and Widayanti Widayanti. 2018. “Evaluasi Program Webinar (Web-Based Seminar) Parenting Education Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Media Digital Dalam Mendidik Generasi Z di Kota Semarang.” Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE) 1(2):17. doi: 10.31331/sece.v1i2.719. Wartiningsih. 2021. “Evaluasi Kirckpatrick’s Pelatihan Pengelolaan Kampung Keluarga Berencana.” 2021 4.




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v4i1.19798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia