Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2019 dalam Menyelesaikan Tugas Akhir menggunakan Model the Seven Pillar

Suci Maulidia, Haura Zahiratus Syarifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan literasi informasi mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam angkatan 2019 dalam menyelesaikan tugas akhir menggunakan model The Seven Pillars sebagai dasar untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan literasi informasi mahasiswa dalam mengakses, mengevaluasi, menggunakan, dan berbagi informasi secara efektif. Pendekatan dengan penekanan pada kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan lima mahasiswa yang sedang menjalani tugas akhir. Mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam angkatan 2019 memiliki pemahaman yang komprehensif tentang literasi informasi dan menyadari pentingnya kemampuan ini. Mereka menggunakan sumber informasi tercetak seperti buku dan sumber informasi online seperti jurnal sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, ditemukan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memilih dan menemukan informasi yang relevan di tengah luasnya informasi yang tersedia di internet. Mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2019 memiliki pemahaman yang komprehensif tentang literasi informasi dan menggunakan sumber-sumber informasi dengan efektif. Mereka perlu meningkatkan penggunaan alat temu kembali informasi dan keterampilan dalam mengevaluasi informasi. Penting bagi universitas untuk meningkatkan pelatihan literasi informasi bagi mahasiswa, khususnya dalam penggunaan alat temu kembali informasi. Mahasiswa perlu diberikan panduan dalam mengevaluasi dan memilih informasi yang akurat.

Kata Kunci: kemampuan literasi informasi, tujuh pillar


References


Almah, H. (2019). Urgensi Literasi Informasi (Information Literacy) Dalam Era Globalisasi: Perpustakaan, Masyarakat, Dan Peradabaan. Komunika, 2(1), 42–51. https://doi.org/10.24042/komunika.v2i1.4756

Basuki, S. (2010). Metode Penelitian. Penaku.

Bogdan & Taylor. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remadja Karya.

Christy, Y., Zulharman, S., & Amtarina, R. (2017). POLA KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING PADA MAHASISWA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS RIAU (Vol. 4, Issue 2).

Diah, L., Putri, P., Suwignyo, H., & Kurniawan, T. (2018). Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Melalui Layanan General Overview of English Self-Access Center. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 27–32.

Eisenberg, M. B. R. E. B. (2011). The Big6 Workshop Handbook: Implementation and Impact (Big6 Information Literacy Skills) (4th ed.). Linworth Publishing.

Erwina, W., & Yulianti. (2009). Model Flkc Sebagai Model Analisis Pengguna Dan Kurikulum Dalam Penentuan Model Literasi Informasi Di Perguruan Tinggi. Komunikologi, 6(1), 66–76.

Noer Hidayah, S. (2020). STUDI LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN IAIN KEDIRI DENGAN MODEL SEVEN PILLARS SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.15548/jib.v4i1.63

Nurfitri, M. Musa. T. (1988). Metodologi penelitian. CV. Fajar Agung.

Pattah, S. H. (2014). Canine growth hormone responsiveness during pentobarbital anesthesia: A method for evaluating serotoninergic stimulatory action. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al- Hikmah, 2(2), 101-1117–12804. https://doi.org/10.1210/endo-104-1-101

Prasetyo, D., Rosyidi, F. R., Rohmadi, R., Auliyani, U., & Handayani, S. (2018). KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA MENURUT STANDAR KOMPETENSI LITERASI INFORMASI ASSOCIATION OF COLLEGE & RESEARCH LIBRARIES (ACRL). BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 39(1), 37. https://doi.org/10.14203/j.baca.v0i0.346

Puspita, A. G. (2017). Peran Data dalam Manajemen Perpustakaan di Indonesia. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/kah.v5i2a3

Sarosa, S. (2012). Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. Indeks.

Septiyantono, T. (2014). Literasi Informasi. In: Konsep Dasar Literasi Informasi.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sulasari, R., Dastina, W., & Ramayanti, R. (2020). Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Berdasarkan "The Seven Pillars Of Information Literacy. In Nazharat (Vol. 26, Issue 02).




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v4i2.22019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Sains Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia