KEGIATAN PEMBELAJARAN MERONCE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KLASIFIKASI BENTUK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran meronce untuk melatih kemampuan klasifikasi bentuk anak kelompok A2 di PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kelas dan anak kelompok A2 terdiri dari 10 anak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data interaktif Milles dan Hubbermanmelalui reduksi, penyajian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kegiatan pembelajaran meronce anak menunjukkan kemampuan klasifikasi yang berbeda beda yaitu 50 persen anak merangkai secara terus menerus, 40 persen merangkai berdasarkan warna, 40 persen berdasarkan warna dan bentuk, 30 persen berdasarkan ukuran. Media yang digunakan berupa manik kayu yang berbentuk geometri dan ditengahnya ada lubang agar anak dapat memasukkan tali atau benang kedalam manik tersebut sesuai bentuk, warna dan ukuran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman
& Peradaban, 5(1). Nurdin, N. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 982-993.
Fitri, W. S., Sariah, S., & Bakhtiar, N. (2020). Optimalisasi Perkembangan Sosial Anak
Usia 5-6 Tahun dalam Pembelajaran Area Seni melalui Kegiatan Meronce. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 107-114.
Jannah, W. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan
Meronce Bentuk dan Warna pada Kelompok B TK Pertiwi Selong. BINTANG, 1(3), 232-254.
Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1),
-27.
Mulyawartini, G. A. (2019). Melalui Kegiatan Meronce Bentuk Dan Warna Dapat
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Tk Harapan Kelayu. EDISI, 1(1), 118-133.
Mutiara, D. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif AUD Melalui Kegiatan
Meronce Berpola Pada Kelompok Usia 4-5 Tahun di PAUD Brillian Sumberjo Kabupaten Blitar.
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan" Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”.
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.
Nurdin, N. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia
Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 982-993.
Nurhanifah, H. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Taman
Kanak-Kanak Melalui Kegiatan Meronce (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok B TK Tunas Karya Cibening Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Tahun Ajaran 2015/2016) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Pamadhi, H. (2008). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Universitas Terbuka. Jakarta.
Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6
tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54-62.
DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v2i2.10382
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Preschool (Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED & SUPPORTED BY:
EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool