STORY TELLING MELALUI DARING UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Eko Setiawan, Mutiara Sari Dewi, Salimatul Ummah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan story telling melalui daring untuk perkembangan kognitif anak usia dini yang pembelajarannya dilakukan pada masa pandemi covid-19 (coronavirus disease 2019). Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk memperoleh pemahaman tentang kegiatan story telling dalam pendidikan anak usia dini yang menggunakan media internet. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya penulis menganalisis data yang terkumpul menggunakan interaktif model dengan langkah-langkah analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan pembelajaran mengalami perubahan karena adanya pandemi covid-19, yaitu pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan IPTEK dan jaringan internet, orang tua sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran yang dilakukan di rumah, sedangkan pendidik PAUD bertugas sebagai perencana dan penilai hasil pembelajaran yang sudah diberikan. (2) kegiatan story telling yang dilakukan melalui daring untuk meningkatkan perkembangan kognitif, diantaranya yaitu orang tua mengajak anak menyaksikan video story telling dan memahami isi materi yang diberikan pada story telling tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan berdiskusi dan demonstrasi. Dari kegiatan tersebut meningkatnya perkembangan kognitif anak bisa dilihat, bagaimana anak belajar dan memecahkan masalah yaitu anak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik, berfikir logis yaitu anak mampu mengurutkan benda sesuai pola, dan berfikir simbolik yaitu anak mampu menyebutkan benda sesuai fungsinya.


Keywords


Daring, Story Telling, Perembangan Kognitif

Full Text:

PDF

References


Afriyelni, Wila. (2018) Evaluasi Pelaksanaan kegiatan story telling di Taman Kanak-kanak Ketilang UIN Jakarta.

Ambarsari, Lely. (2015). Penerapan Metode Story telling pada Kemampuan Membaca Permulaan di Kelompok B3 TK Budi Mulia 2 Pandeansari Yogyakarta.

Ariani dan Setiawati (2019). Storytelling Sebagai Metode dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa pada Prasekolah.

Azkiya dan Iswinarti. (2016). Pengaruh Mendengarkan Terhadap Kemampuan Bahasa pada Anak Prasekolah.

Brewer, Jo Ann& Bill Harp. 2004. The Informed Reading Teacher: Research-based Practice. Virginia : Pearson/Merrrill/Prentice Hall

Creswell, J. W. (2015) Research Design Pendekatan Kualitaif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta. Pustaka Berlajar

Farhana, Karla (2020). Memahami Arti Daring dan Luring, Cari Tahu Bedanya di Sini. https//m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4304691/memahami-arti-daring-dan-luring-cari-tahu-disini.

Feez, S. and Montessori, 2010. Montessori and Early Childhood. London: SAGE Publication Ltd.

Hafsy. (2018). Belajar Sambil Bermain. www.kompasiana.com.

Hewi, La. Asnawati. (2020) Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia dini.

Hurlock, E.B., (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Kelima). Jakarta. Erlangga.

Itadz. (2008). Memiliki, Menyusun, dan Menyajikan cerita untuk anak usia dini. Yogyakarta. Tiara Wacana.

Irma, C.N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purwerejo. Jurnal obsesi: Jurnal Pendidikan anak usia dini, 214-224 (3).1. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.152

J. Frost, et. al. Play Child Development 3rd Edition, 2007. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Sujiono, Yuliani. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT. Indeks.

Wahy, H. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Junal ilmiah Didaktika. 12 (2), 245-258. http://doi.org/DOI: http//dx.doi.org/10.22373/jid.v12i2.451

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak usia Dini.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v2i1.10851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool