GANGGUAN KETERLAMBATAN BERBICARA (SPEECH DELAY) PADA ANAK USIA 6 TAHUN

Alfani Nurul Istiqlal

Abstract


Keterlambatan berbicara (speech delay) merupakan salah satu gangguan pekembangan pada anak. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap seorang anak TK B di PAUD Aisyiyah Assalam ditemukan beberapa anak yang masih mengalami speech delay. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran speech delay, (2) faktor-faktor penyebab speech delay (3) upaya penanganan yang dilakukan oleh guru dan orang tua untuk meningkatkan kemampuan anak yang mengalami speech delay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan model analisis data yang digunakan yaitu Miles and Huberman Models. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dengan keterlambatan berbicara mengalami pengucapan yang kurang sempurna pada kata-kata tertentu, kecenderungan anak hanya memberikan respon non-verbal terhadap stimulus yang diberikan. Faktor penyebab gangguan keterlambatan berbicara yang dialami anak yaitu anak tidak mendapatkan model yang baik untuk ditiru dalam berbicara dengan menggunakan kata yang tepat, anak tidak memiliki motivasi yang kuat untuk berbicara, serta kesempatan berbicara yang kurang kuat bagi anak. Sementara cara penanganan yang dilakukan oleh guru yaitu memberikan stimulus untuk berbicara dengan porsi yang lebih banyak dari teman lainnya. Anak akan mampu mengekspresikan keinginannya menggunakan bahasa verbal serta senantiasa bekerjasama dengan pihak orang tua agar penanganan lebih optimal.


Keywords


Speech Delay; Anak; 6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Amanda Soebadi (Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI - RSCM). (2013). IDAI –

Keterlambatan Bicara. Retrieved from http://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/keterlambatan-bicara

Campbell, dkk. (2003). Risk Factors for Speech Delay of Unknown Origin in 3Year-Old

Children. http://www.waisman.wisc.edu/phonology/pubs/PUB18.pdf. Diakses pada tanggal 21 Februuari 2018.

Curtin, S., & Hufnagle, D. (2010). Speech Perception: Development. In Encyclopedia of

Neuroscience (pp. 233–238). http://doi.org/10.1016/B978-008045046-9.01899-4

Davis, K. D., Lawson, K. M., Almeida, D. M., Kelly, E. L., King, R. B., Hammer, L., …

McHale, S. M. (2015). Parents’ Daily Time With Their Children: A Workplace Intervention. PEDIATRICS, 135(5), 875–882. http://doi.org/10.1542/peds.2014-2057

Early Childhood Technical Assistance Center. (2015). Family Checklists. Retrieved from

http://ectacenter.org/decrp/type-checklists.asp

Hoover, J. R., Sterling, A. M., & Storkel, H. L. (2011). Speech and language

development. Handbook of Pediatric Neuropsychology., 71–78. Retrieved from http://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&PAGE=reference&D=psyc8&NEWS=N&AN=2010-23861-007

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang

kehidupan (edisi 5). Jakarta: Erlangga

Janowitz, B., Stanback, J., & Boyer, B. (2012). Task Sharing in Family Planning. Studies

in Family Planning. http://doi.org/10.1111/j.1728-4465.2012.00302.x

Lunkenheimer, E. S., Shields, A. M., & Cortina, K. S. (2007). Parental emotion coaching

and dismissing in family interaction. Social Development, 16(2), 232–248. http://doi.org/10.1111/j.1467-9507.2007.00382.x

Miller, L. J., & Schaaf, R. C. (2008). Encyclopedia of Infant and Early Childhood

Development. Encyclopedia of Infant and Early Childhood Development. http://doi.org/10.1016/B978-012370877-9.00142-0

Moreno, M. A. (2015). Speech and language delays in young children. JAMA Pediatrics,

(8), 796. http://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2014.2146

National Institute of Child Health and Human Development. (2006). The NICHD Study

of Early Child Care and Youth Development. Findings for Children up to Age 4½ Years. Children.

Overby, M. S., Trainin, G., Smit, A. B., Bernthal, J. E., & Nelson, R. (2012). Preliteracy

Speech Sound Production Skill and Later Literacy Outcomes: A Study Using the Templin Archive. Language Speech and Hearing Services in Schools, 43(1), 97. http://doi.org/10.1044/0161-1461(2011/10-0064)

Papalia, D. . & etc. a. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). In

Cetakan ke-1, edisi ke-9.

Sasikala, S., & Cecil, N. (2016). Parental Bonding , Peer Attachment and Psychological

Well- being among Adolescents : A Mediation Analysis. Journal of Psychological Research, 11(1), 21–31.

Sawyer, J. (2017). I think I can: Preschoolers’ private speech and motivation in playful

versus non-playful contexts. Early Childhood Research Quarterly, 38, 84–96. http://doi.org/10.1016/j.ecresq.2016.09.004

Siska, Y. (2011). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan

Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Edisi Khusus No. 2, (2), 31–37. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/4-Yulia_Siska-edit.pdf

Snively, K. (2014). Managing speech-delayed patients. Clinical Advisor, 17(2), 101.

Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=cin20&AN=2012484013&site=ehost-live

Snively, K. (2014). Managing speech-delayed patients. Clinical Advisor, 17(2), 101.

Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=cin20&AN=2012484013&site=ehost-live

Stoel-Gammon, C. (2001). Transcribing the speech of young children. Topics in

Language Disorders, 21(4), 12–21. http://doi.org/10.1097/00011363-200121040-00004

Tarshis, N., Rodriguez, B. G., & Seijo, R. M. (2007). Therapeutic Approaches to Speech

and Language Disorders in Early Childhood. Pediatric Annals, 36(8), 471–477. http://doi.org/10.3928/0090-4481-20070801-08

Tjandrajani, A., Dewanti, A., Burhany, A. A., & Widjaja, J. A. (2016). Keluhan Utama

pada Keterlambatan Perkembangan Umum di Klinik Khusus Tumbuh Kembang RSAB Harapan Kita. Sari Pediatri, 13(6), 373. http://doi.org/10.14238/sp13.6.2012.373-7

Wenty. (2011). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak (Studi Kasus Anak Usia

Tahun).lib.unnes.ac.id/2802/1/3489.pdf, diakses 15 Februari 2018.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v2i2.12026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool