URGENSI PENGAJARAN HADITS MUJAHADAH AN-NAFS TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK DALAM PERSPEKTIF EMILE DURKHEIM

Nur Azizah, Subaidi Subaidi

Abstract


Problematika mengenai kenakalan remaja di Indonesia tentu bukan lagi merupakan hal yang asing di telinga kita. Pada faktanya, KPAI menyebutkan bahwa setidaknya ada 1.567 kasus pengaduan anak yang terdata oleh mereka per-tahun 2020 silam. Tingginya kasus tersebut tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berangkat dari isu tersebut, masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan sosial-emosional pada anak sehingga menyebabkan beberapa permasalahan seperti tawuran, bullying, adanya kesenjangan sosial, dan lain sebagainya. Demi pembahasan yang lebih lanjut, tujuan dari penilitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran orangtua tentang perkembangan sosial-emosional anaknya melalui pendidikan agama. Data dari penelitian ini diperoleh dari beberapa literatur yang sudah ada sebelumnya dan tentu berkaitan dengan topik penelitian. Berdasarkan data-data tersebut ditemukan bahwa peran orangtua memegang penting dalam perkembangan sosial-emosional anak, seperti pola asuh, keteladanan, pendidikan agama serta keadaan lingkungan. Bahkan tokoh sosiologi seperti Emile Dukheim juga menegaskan betapa pentingnya pendidikan agama bagi kehidupan sosial. Penelitian ini menyoroti pendidikan agama Islam yang bersumber dari Al-qur’an dan hadits. Oleh sebab itu, tulisan ini diharapkan akan bermanfaat bagi para orang tua khususnya yang beragama Islam dalam membimbing anak mereka pada proses perkembangan sosial dan emosional.

Keywords


Sosio-Emosional; Hadits Mujahadah An-Nafs; Emile Durkheim

Full Text:

PDF

References


Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Arif, A. M. (2020). Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 1–14.

Baharuddin. (2016). Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Ar-Ruzz Media.

Elmanora, A. (2012). Gaya Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Sekolah.Pdf (pp. 128–1237).

Hadi, I. A. (2017). Peran Penting Psikologi dalam Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 251–168. https://doi.org/10.21580/NW.2017.11.2.1304

Hamdani, H. (2019). Pengaruh Pemahaman Materi Tentang Mujahadatun Nafs dan Husnuzzan Terhadap Sikap Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. April, 33–35.

Hanifah, U. (2019). Transformasi Sosial Masyarakat Samin di Bojonegoro (Analisis Perubahan Sosial dalam Pembagian Kerja dan Solidaritas Sosial Emile Durkheim). Jurnal Sosiologi Agama, 13(1), 41. https://doi.org/10.14421/jsa.2019.131-02

Hayati, F., & Mamat, N. (2006). Fitriah Hayati, Nordin Mamat, Pengasuhan dan Peran... I(September 2014), 16–30.

Hidayat, R. (2016). Sosiologi Pendidikan Emile Durkheim. Rajawali Pers.

KPAI. (2020). Data-Kasus-Pengaduan-Anak-2016-2020.

Makhsushoh, I. (2018). Bimbingan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kontrol Diri Anak di Panti Asuhan Darul Hadlonah Kabupaten Kendal.

Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133–147. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013

Nurjannah, N. (2017). Developing Early Childhood Emotional Social Intelligence through Modeling. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Setyowati, Y. (2013). Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa). Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.253

Sinulingga, S. P. (2016). Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak Di Indonesia. Jurnal Filsafat, 26(2), 214. https://doi.org/10.22146/jf.12784

Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING (Jurnal Program Studi PGRA), 6(1), 84–88.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v3i2.15707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool