ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI CHANNEL YOUTUBE YUFID KIDS SAAT PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Aghnia Nur Fadilah, Mila Karmila, Purwadi Purwadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan anak usia 5-6 tahun yang ada di lingkungan RW 05 Kelurahan Brebes. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan anak dalam mengenal huruf, (2) mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan anak dalam mengenal angka, (3) mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan anak dalam menghubungkan bunyi. Penelitian  ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwaanak dapat mengenal huruf alfabet, kemampuan anak usia 5-6 tahun di RW 05 Kelurahan Brebes dalam aspek ini berada pada kemampuan Masih Berkembang (MB). Hal ini terlihat ketika anak sudah bisa mengenal 1-5 huruf alfabet dan membedakan huruf alfabet yang ada di namanya. Anak dapat mengenal angka, dalam aspek ini anak usia 5-6 tahun di RW 05 Kelurahan Brebes mampu mengenal dan mengurutkan angka 1-10 dengan konsisten. Anak dapat menghubungkan bunyi, dalam aspek ini beberapa anak sudah mampu membaca suku kata, kata dan memahami kalimat sederhana. Kemampuan membaca anak masih dengan cara mengeja.

Keywords


Anak Usia Dini; Membaca Permulaan; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Herlina. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0.

Tarutung: Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung

Maqsudah & Setyowati. (2020). Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Belajar Anak Usia Dini di

Masa Covid-19 Berbasis Merdeka Belajar. Malang: Universitas Negeri Malang

Masyithoh. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Balok Huruf

Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 2016, Vol. 5(2)

Riana, D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Permainan Kotak

Huruf Usia 4-5 Tahun. Jurnal Lectura Vol.5 (1)

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Salehudin. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Samarinda: Jurnal

Ilmiah Potensia (vol.5 (2) 106-115)

Ulfah, Z. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak).

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Yulistiana. (2016). Upaya Pengembangan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak di Taman

Kanak-Kanak Kesuma Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v3i2.15871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool