PENGEMBANGAN PROFIL KLUB BALANCE BIKE XBC PUSHBIKE MALANG BERBASIS BUKU

Ismi Zumrotul Chamidah, Pramono Pramono, Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas

Abstract


Sebuah klub atau lembaga pasti mempunyai data-data dan program-program yang dilaksanakan dalam klub tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengenalkan suatu klub, yaitu XBC Pushbike Malang yang merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang bergerak di bidang pengembangan aktivitas fisik anak dengan menggunakan sepeda tanpa pedal (balance bike). Untuk pengenalan klub XBC Pushbike, perlu dibuat sebuah buku profil yang dapat digunakan untuk memberikan informasi secara detail dan memberi gambaran mengenai klub XBC Pushbike, dengan begitu masyarakat akan mengetahui apa yang ditawarkan XBC Pushbike yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan  Research & Development karena peneliti menghasilkan suatu produk buku profil yang telah diuji kelayakannya oleh para ahli dan pengguna agar produk tersebut bermanfaat di masyarakat luas.


Keywords


XBC Pushbike; Profil Club; Sepeda Keseimbangan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rimayanti, N., Yulianti, A., Nasution, B., & Lubis, E. E. (2019). Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia. IT Journal Research and Development, 3(2), 84-95.

Asfiyah, F., Rosadi, J., Nusantara, I. A. I., Hari, B., & Shukatingmailcom, E. (n.d.). KOTA JAMBI Sukatin , Ayu Gita Lestari , Agnes Yanila Grasela , Dian Nur pengetahuan anak , tetapi lebih diarahkan kepada pengembangan potensi dan daya hingga enam tahun secara menyeluruh , yang mencakup aspek fisik dan non fisik . 94–100.

Bawono, Y. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah : Sebuah kajian pustaka. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 116–125. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2181 diakses tanggal 26/12/2020

Iswandi, H. (2018). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Seni Desain Dan Budaya, volume 3(Issue 3), 100–109.

Lutfi, A. I. (2020). Profil bmx street cengkru yogyakarta dalam fotografi komersial. Digilib.Isi.Ac.Id.

Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997

Pramono, Nurhasanb, Kusnanik, N. W., & Winarno, M. E. (2019). Playing motion activity model development to improve early childhood creative thinking. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 219–236.

Pramono, P., & Nur Aisyah, E. (2018). Development Of Early Childhood Physical Activity Game Model. 244(Ecpe), 160–163. https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.35

Semarang, U. N., & Setyawan, H. (2015). Berbasis Katalog Digital Di Smpn 16 Semarang.

Setiawan, A., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2021). Pengembangan Program Daily Physical Activity (DPA) Melalui Permainan Tradisional Pada Pembelajaran PJOK di Kelas V SDN Kebraon Surabaya. Jendela Olahraga, 6(1), 175–188. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6764

Silahuddin. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry, 3(2), 18–41.

Sri Haryati. (2012). ( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Wicaksono, C. D. (2016). LKP: Perancangan Video Profile Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Media Promosi. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2921/

Yuwafi, M. N. (2016). Fungsi Sosial Pada Komunitas Sepeda Motor. Junral Psikologi Sosial, 2(3), 1–17.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v3i2.16052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool