MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA ANAK USIA DINI DI TK DWP BALONGGABUS KABUPATEN SIDOARJO

Fariza Ika Cahyani, Nafilah Salim Ahmad, Eko Setiawan

Abstract


Pendidikan untuk anak usia dini tengah ramai diperbincangkan karena banyak pendapat mengungkapkan bahwa manajemen yang ada pada lembaga pendidikan anak usia dini berada dalam keadaan yang tidak baik. Hal tersebut menarik perhatian peneliti untuk mencari secara langsung pernyataan tersebut benar atau tidak, dan memutuskan untuk melakukannya di salah satu TK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan yang ada di TK DWP Balonggabus. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa hasil wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Dharma Wanita Persatuan Balonggabus sudah menerapkan dengan baik manajemen pendidikan di sekolah dengan berlandaskan apa yang ditetapkan dalam Standar Nasional.

Keywords


Manajemen Pendidikan; anak usia dini; TK (Taman Kanak-Kanak)

Full Text:

PDF

References


Baharun, H., Hefniy, Silviani, Maarif, M. A., & Wibowo, A. (2021). Knowledge Sharing Management: Strategy for Improving the Quality of Human Resources. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 129–139. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1831

Beerkens, M. (2018). Evidence-based policy and higher education quality assurance: progress, pitfalls and promise. European Journal of Higher Education, 8(3), 272–287. https://doi.org/10.1080/21568235.2018.1475248

Binsa, U. H. (2021). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini di TK Pelangi Anak Negeri Yogyakarta. Jurnal CARE: Children Advisor Research and Education, 8(2), 1–10.

Botutihe, S. N. (2020). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 883–891. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.481

Ho, C. D. (2009). Human resource management in Hong Kong preschools: the impact of falling rolls on staffing. International Journal of Educational Management, 23(9), 217–226. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/09513540910941720

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.595

Paramita, W., & Pandia, W. S. S. (2015). GAMBARAN FUNGSI MANAJEMEN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 114–123. http://journal.uny.ac.id/imdex.php/jamp

Patimah, R. S., & Nurhayati, S. (2020). MANAJEMEN LEMBAGA TAMAN KANAK – KANAK BERPRESTASI DALAM RANGKA MECETAK ANAK USIA DINI YANG UNGGUL DAN BERKARAKTER (Studi Kasus di TK Islam Waladun Solih Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat ). Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 6–17. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3296

Ruslan Wahyudin, U., & Permana, H. (2020). Education Quality Assurance Management in the Faculty of Health Science, Singaperbangsa Karawang University. KnE Social Sciences, 2020, 505–512. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7909

Sawaddemongkol, P., Boonphak, K., & Pimsarn, N. (2017). Development of Efficiency Management System for Private Kindergarten Schools in Samutprakan Province, Thailand. Creative Education, 8(7). https://doi.org/DOI: 10.4236/ce.2017.87079

Shofa, M. F. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di PAUD Inklusi Saymara Kartasura. At-Tarbawi, 3(2), 107–123. https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/download/4/10/

Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Jurnal STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN, 2(1), 51–70. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v2i1397

Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2020). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259

Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652–663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357

Yanto, M. (2020a). Manajemen Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Kompetensi Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Rejang Lebong. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 83–91. https://doi.org/10.29240/estetik.V31i.1479

Yanto, M. (2020b). Manajemen Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Wijaya Kusuma Rejang Lebong. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 97–106. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2020




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v4i2.16333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool